Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Ponsel Android "James Bond"

Kompas.com - 07/02/2013, 07:01 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com/Deliusno Sony Xperia TX

JAKARTA, KOMPAS.comSony Mobile telah secara resmi melepas ponsel Xperia TX di pasaran Indonesia, Selasa (5/2/2013).

Sony Xperia TX merupakan ponsel berbasis Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang dijual seharga Rp 5,6 juta di pasaran Indonesia. 

KOMPAS.com/Deliusno Tampak belakang

Saat peluncuran Xperia TX, KompasTekno telah diberi kesempatan untuk mencoba perangkat yang sempat muncul di film agen rahasia 007 James Bond terbaru, Skyfall, tersebut.

Sony Xperia TX memiliki desain yang menarik. Pada bagian belakang, pengguna akan menemukan desain melengkung, mirip dengan smartphone Xperia terdahulu, Arc. Dengan desain seperti ini, pengguna dijamin akan merasa lebih nyaman untuk menggenggam ponsel tersebut.

KOMPAS.com/Deliusno Xperia TX memiliki desain melengkung

Hadir dengan harga yang cukup tinggi, Xperia TX ternyata menggunakan casing berbahan plastik. Walaupun begitu, material dari plastik ini tidak membuang kesan Xperia TX sebagai ponsel premium.

Kemungkinan besar, Sony Mobile menggunakan bahan plastik ini untuk menjaga bobot dari perangkat ini, yaitu di angka 127 gram saja.

Xperia TX memiliki bentang layar 4,6 inci beresolusi 1.280 x 720 pixel. Menurut pengamatan KompasTekno, layar perangkat ini mampu menghasilkan gambar yang tajam dan juga cerah. Hal tersebut dimungkinkan karena penggunaan teknologi High Definition (HD) Real Display pada layar tersebut.

Selain itu, layar ini juga didukung oleh Mobile Bravia Engine, teknologi yang digunakan oleh produk TV layar datar Sony, Bravia.

 

KOMPAS.com/Deliusno Xperia TX tidak memiliki tombol fisik. Sebagai gantinya, hadir tombol virtual.

Dari sisi kinerja, smartphone ini mampu menghadirkan performa yang sangat baik. Tidak ditemukannya lag dalam navigasi pada sistem operasi. Hal tersebut dimungkinkan berkat kombinasi prosesor Qualcomm Krait MSM8260-A 1,5GHz dual-core dengan RAM sebesar 1GB.

Sayangnya, tidak ada aplikasi game yang ditemukan pada demo unit di acara peluncuran tersebut. Oleh karena itu, KompasTekno belum bisa menguji kemampuan perangkat ini dari sisi gaming.

 

KOMPAS.com/Deliusno Dengan sensor gambar 13 megapiksel, ponsel ini dapat mengambil gambar dengan tajam

Pada bagian belakang, pengguna akan menemukan kamera dengan sensor gambar yang besar untuk ukuran sebuah perangkat smartphone, yaitu 13 megapiksel. Dengan besarnya sensor gambar tersebut, tidak perlu diragukan lagi, perangkat ini mampu mengambil gambar dengan tajam.

Media penyimpanan Sony Xperia TX berkapasitas 16GB. Pengguna yang merasa tidak puas dengan kapasitas tersebut dapat memperbesarnya menggunakan kartu microSD hingga 32GB.

 

Spesifikasi Sony Xperia TX
- Prosesor Qualcomm Krait MSM8260-A 1,5GHz dual-core
- RAM 1GB
- Memori internal 16GB 
- Layar 4,6 inci resolusi 1.280 x 720 pixel
- Sistem Operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich
- Kamera Utama 13MP dengan lampu kilat
- Kamera depan 1,3MP
- Dimensi 131 x 68,6 x 8,6 mm
- Bobot 127 g
- Konektivitas jack audio 3,5mm, aGPS, Bluetooth, DLNA, micro USB, MHL, WiFi
- Kapasitas baterai 1750 mAh
- Harga Rp 5,6 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com