Niat Pinang Axis, XL Mengaku Sudah Konsultasi

Kompas.com - 25/06/2013, 17:57 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat

Aditya Panji/KompasTekno Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana perusahaan telekomunikasi XL Axiata untuk mengakuisisi Axis Telekom Indonesia ternyata sudah dilaporkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. Namun belum dilaporkan ke regulator persaingan usaha dan penanaman modal.

"Sudah lapor dari sebulan yang lalu, judulnya merger dan akuisisi," kata Muhammad Budi Setiawan, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika Kemenkominfo usai diskusi bertajuk Spirit Berbagi & Mencari Keadilan di Industri yang diselenggarakan media bisnis telematika IndoTelko, Selasa (25/6/2013).

Kemenkominfo tidak akan menghalangi niat XL Axiata untuk mengakuisisi Axis karena, menurut Budi, Kemenkominfo hanya mengurus bidang teknologi dan frekuensi radio saja. Sementara untuk isu persaingan usaha dan modal, diurus oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Saham Axis sebesar 80,1 persen dimiliki Saudi Telecom Company (STC). Perusahaan Malaysia Maxis Communication juga memiliki saham minoritas sebesar 14,9 persen, lalu pemegang saham lokal, yaitu PT Hamersha Investindo (PTHI) sebesar 5 persen.

President Director and CEO XL Axiata, Hasnul Suhaimi enggan berkomentar banyak soal rencana akuisisi terhadap Axis. Menurutnya, sejauh ini pihaknya hanya berkonsultasi umum saja dengan Kemenkominfo.

"Kita masih belum jelas, karena belum ada yang mantap," ujar Hasnul. Jika sudah ada kejelasan, lanjutnya, barulah XL Axiata akan melapor ke KPPU.

"Kami hanya berkonsultasi secara umum saja. Kemungkinan-kemungkinan seperti itu kan ada, seandainya ini terjadi bagaimana, kan kita ingin tahu. Itu semua ada perhitungan masalah operasional dan keuangan. Tapi ini baru seandainya," terang Hasnul.

XL Axiata saat ini memiliki pelanggan sekitar 45 juta, sementara Axis 17 juta.

Dari sisi spektrum frekuensi, XL memiliki alokasi pita frekuensi di 900MHz, 1.800MHz, dan 2.100MHz. Sedangkan Axis, hanya memiliki alokasi pita frekuensi di 1.800MHz dan 2.100MHz.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X