Detik-detik Jatuhnya Pesawat Asiana Tayang di YouTube

Kompas.com - 09/07/2013, 13:39 WIB
Petugas keselamatan penerbangan di Amerika telah menemukan kedua alat perekam penerbangan dari reruntuhan pesawat Asiana Airlines di San Francisco (7/7). ReutersPetugas keselamatan penerbangan di Amerika telah menemukan kedua alat perekam penerbangan dari reruntuhan pesawat Asiana Airlines di San Francisco (7/7).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Sabtu, 6 Juli 2013, sebuah pesawat Boeing 777 milik maskapai Asiana Airlines gagal mendarat di bandara internasional San Francisco. Kecelakaan yang terjadi menjelang detik-detik akhir pendaratan tersebut memakan korban jiwa dua orang.

Kejadian siang itu rupanya sempat terekam dalam video oleh seseorang bernama Fred Hayes yang kebetulan berada di sekitar lokasi. Video Hayes yang beredar di YouTube menggambarkan situasi pendaratan pesawat naas ini.

Dalam rekaman video yang dilansir oleh CNN tersebut, terlihat pesawat dengan nomor penerbangan 214 dari Seoul menuju San Francisco itu awalnya mendekati landas pacu seperti biasa. Namun, entah apa sebabnya, pesawat kemudian menghantam landasan dengan keras dan mulai terseret di tanah.

Beberapa saat kemudian, tampak badan pesawat dan sayapnya menyembul di antara kepulan debu dan asap, terangkat ke atas sebelum kemudian kembali terempas. Pesawat lalu mulai terbakar selagi para penumpang berhamburan menyelamatkan diri.

Kedua korban yang tewas ditemukan di luar pesawat, di landas pacu. Mereka adalah anak perempuan warna negara China berusia 16 tahun yang duduk di bagian belakang pesawat. Keseluruhan penumpang ketika itu berjumlah 291 orang dengan 16 awak kabin. Sebagian besar adalah warga China dan Korea Selatan.

Lebih dari 130 penumpang yang cedera dilarikan ke rumah sakit. Sepuluh di antaranya dilaporkan berada dalam kondisi kritis.

Seorang penumpang yang selamat menduga bahwa pesawat terbang terlalu rendah dan terlalu cepat ketika mendekati landasan untuk mendarat. Kemudian pesawat sempat mencoba terbang kembali setelah gagal mendarat, tetapi tak berhasil dan jatuh ke tanah.

Simak videonya di bawah ini:

Baca tentang


    Sumber CNN
    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X