Juki Hijrah ke Video Game

Kompas.com - 09/07/2013, 15:47 WIB

Juki the Scavenger
KOMPAS.com - Game mobile, Juki the Scavenger, merupakan proyek kolaborasi antara komikus Faza Meonk dengan Arsanesia, pengembang game, yang diluncurkan tanggal 5 Juli di perhelatan Popcon Asia 2013. Karya tersebut menjadi panggung baru bagi karakter nyentrik yang biasa tampil di strip komik.

Juki the Scavenger bergenre endless running dengan gaya ilustrasi dua dimensi. Pemain bergerak dari kiri ke kanan layar, menghindari halangan sembari mengumpulkan sampah berupa botol air mineral plastik. Nantinya game ini tersedia untuk platform Windows Phone, Android, maupun iOS.

Terkait proyek kolaborasi itu, Adam Ardisasmita, CEO Arsanesia berkomentar bahwa menyebutnya sebagai langkah penyelematan potensi industri kreatif lokal. "Melalui karya ini, kami berharap Juki bisa lebih diterima oleh masyarakat luas," ujarnya.

Juki adalah karakter rekaan Faza yang diunggah secara rutin di jejaring media sosial Facebook. Isinya adalah adegan satir dari hal yang dihadapi masalah sehari-hari dan Juki selalu mengambil sikap berseberangan dengan masyarakat kebanyakan demi prinsip "anti-mainstream". Beberapa topik yang pernah diangkat seperti kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi hingga pendukung kelompok musik JKT48.

Faza mengatakan bahwa pekerja kreatif harus mendorong kolaborasi agar saling melengkapi. Dengan demikian, karya lokal dari Indonesia bisa unggul di dalam negeri dan mampu bersaing di kancah internasional.

Selain strip komik, karakter Juki sudah dibuat komik dalam beberapa judul seperti "NGAMPUS!!! Buka-Bukaan Aib Mahasiswa" atau yang diluncurkan berbarengan dengan game tersebut yakni "Si Juki Cari Kerja." (eld)



EditorReza Wahyudi

Close Ads X