Agustus, "Perang" Apple Vs Samsung Kembali Digelar

Kompas.com - 17/07/2013, 14:05 WIB
ilustrasi ilustrasi
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Sengketa paten antara Apple dan Samsung di Amerika Serikat (AS) seakan tak ada habisnya. Sidang antara keduanya bakal memasuki tahap banding yang akan dimulai pada Agustus 2013.

Seperti dikutip dari Macworld, Pengadilan Banding Sirkuit Federal Washington DC akan mendengarkan argumen lisan dari kuasa hukum Apple dan Samsung pada 9 Agustus 2013. Masing-masing pihak diberi kesempatan kurang lebih 15 menit.

Sebelumnya, kasus ini ditangani oleh Hakim Lucy Koh dari Pengadilan Distrik Utara California. Hakim menolak argumen Samsung dan menilai perusahaan Korea Selatan itu sengaja menyalin desain dan teknologi perangkat lunak Apple.

Sembilan anggota dewan juri menilai, Samsung melanggar 6 dari 7 paten Apple, dan harus membayar ganti rugi 1,05 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9 triliun.

Dalam kasus ini, Apple berusaha memblokir peredaran produk Samsung di AS yang terbukti melanggar paten. Namun, kebanyakan ponsel atau tablet Galaxy yang hendak diblokir itu adalah produk tua yang tak lagi dijual sehingga tak menimbulkan efek signifikan terhadap pasar.

Selain menjadi pasar yang penting untuk berbisnis, Amerika Serikat menjadi pusat sengketa hukum paten dunia. Banyak perusahaan teknologi yang memperjuangkan hak intelektualnya di negeri itu.

Namun, sengketa paten yang dilakoni perusahaan-perusahaan teknologi seakan tak ada habisnya, bahkan terjadi di sejumlah negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait perang paten di AS, Presiden AS Barack Obama mengeluarkan perintah khusus agar pengadilan AS menindak cepat sengketa paten yang berlarut-larut dan meminimalkan gugatan yang dianggap tak layak untuk disidangkan.

Baca juga:
Cerita di Balik Perseteruan Apple dan Samsung
"Tanpa Samsung, Mustahil Apple Bisa Bikin iPhone"
Apple Beberkan Usaha Samsung Meniru iPhone
Ini Dia Produk-produk Apple dengan "Jeroan" Samsung
Bunga Matahari Jadi Bukti Kuat Samsung Jiplak Apple?
Google Tegur Samsung agar Tak Contek iPhone dan iPad

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Perseteruan Apple-Samsung
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.