Kompas.com - 24/07/2013, 13:03 WIB
ilustrasi (Marco Michelini via sxc.hu)ilustrasi
EditorWicak Hidayat
ilustrasi
Penulis: Arli Aditya Parikesit*

KOMPAS.com - Bioinformatika adalah ilmu yang banyak menjanjikan untuk membantu pemecahan masalah kesehatan, lingkungan, dan pangan. Walaupun di negara maju, seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Jepang, bioinformatika sudah cukup popular di kalangan terpelajar, di tanah air hal itu masih sangatlah kurang.

Salah satu faktor yang menunjang popularisasi bioinformatika adalah penggunaan media sosial (medsos). Walaupun sudah banyak lema mengenai bioinformatika dalam bahasa Indonesia pada wikipedia dan blog, namun untuk medsos masih sangatlah langka. Apakah yang harus dilakukan untuk mengoptimasi medsos dalam rangka mempopularkan bioinformatika?

Bioinformatika bukanlah ilmu menara gading

Sebelum terjun ke medsos untuk popularisasi, perlu dipersiapkan konsep untuk menghilangkan kesan bahwa bioinformatika adalah ilmu menara gading. Seyogyanya perlu ditekankan, bahwa bioinformatika adalah ilmu yang dapat mendampingi ilmu-ilmu terapan untuk menghadapi berbagai problematika yang dihadapi umat manusia. Contoh, kontribusi nyata Human Genome Project terhadap dunia kedokteran, yang membantu menemukan berbagai mutasi gen penyebab penyakit.

Tidak hanya itu, diperlukan suatu strategi pencitraan, agar memberi contoh bahwa ilmuwan, khususnya bioinformatikawan, adalah manusia biasa yang memiliki emosi dan kehangatan. Pencitraan ini sangat penting, agar ilmuwan tidak dikesankan sebagai manusia yang ‘geeks’ dan ‘nerds’, yang sering menggunakan bahasa atau istilah yang tidak dimengerti oleh orang lain.

Jika blue print tersebut sudah disiapkan dan dikonsepkan, maka tinggal mengkonversi semua konsep tersebut kedalam medsos. Dalam hal ini, semua tergantung pada medsos yang digunakan. Namun, untuk memudahkan pemahaman contoh, maka kami akan menggunakan medsos twitter. Mengapa twitter? Karena inilah medsos yang paling ringan untuk gadget, dan memiliki user yang sangat ekspresif dan senang mengeksplorasi hal-hal yang unik.


Akun Twitter dan Bioinformatika

Walaupun akun twitter yang mempopularkan bioinformatika sangatlah langka di tanah air, namun ada beberapa yang pantas dijadikan contoh. Twit mereka akhirnya telah mempengaruhi publik untuk memahami bioinformatika lebih jauh.

Akun Twitter @publect2013 misalnya, bertugas mempopularkan acara public lecture biokimia dan bioinformatika yang diselenggarakan oleh Departemen Kimia FMIPA-UI pada tanggal 25 Mei 2013. Namun hanya short lived dan tergantung pada durasi acara saja. Namun, blog chirpstory dari twit @publect2013 telah diabadikan di sini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X