Apple Dikabarkan Stop Produksi iPhone 5

Kompas.com - 26/07/2013, 15:16 WIB
Apple iPhone 5 AppleApple iPhone 5
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.comApple dikabarkan akan menghentikan produksi dari iPhone 5 mulai September 2013 mendatang. Sebagai gantinya, Apple akan berfokus memproduksi iPhone 5S dan iPhone versi terjangkau.

Informasi tersebut didapat dari situs berita Korea Selatan, ETNews. Dalam laporannya, media tersebut mengungkapkan, Apple akan menghentikan produksi iPhone 5 hanya satu tahun setelah masa produksinya dimulai. Produk tersebut memang beredar untuk pertama kalinya pada September 2012 lalu.

Salah satu alasan penghentian produksi tersebut boleh jadi disebabkan oleh teknologi layar in-cell yang ada di iPhone 5. Tingkat produksi dari komponen tersebut dikatakan "tidak cocok untuk produksi volume rendah".

Artinya, produksi layar ini sebenarnya tidak akan bermasalah jika volumenya besar. Namun, hal tersebut tidak akan efektif bagi biaya apabila layar tersebut terus diproduksi dalam jumlah yang kecil.

Sementara itu, ada kemungkinan juga, Apple mengakhiri masa dari iPhone 4 dan iPhone 4S. Sebagai gantinya, Apple akan menaruh iPhone 5 di level menengah, sebuah kelas yang selama ini ditempati oleh kedua perangkat ini.

Nantinya, akan ada tiga kelas iPhone, yaitu teratas yang akan diisi oleh iPhone 5S, menengah dengan iPhone 5, dan bawah dengan iPhone versi harga terjangkau.

Apple biasanya memang selalu menurunkan harga iPhone model lama setelah meluncurkan generasi terbaru. Model lama itulah yang akan dijadikan perangkat level menengah oleh Apple.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dikutip dari Trusted Reviews, Jumat (26/7/2013), dengan kehadiran konektor Lightning pada iPhone 5, Apple bisa saja menghentikan produksi dari perangkat bersenjatakan port 30-pin. Port tersebut digunakan di ponsel pintar Apple sebelum iPhone 5.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X