"Tentara Elektronik" Usili 3 Portal Berita Beken

Kompas.com - 19/08/2013, 14:47 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kelompok peretas mengusili tiga portal berita asal Amerika Serikat, yakni CNN, Time, dan The Washington Post, Kamis (15/8/2013). Kelompok peretas itu membobol layanan Outbrain yang memberi rekomendasi artikel untuk meningkatkan trafik di portal berita tersebut.

Wakil Presiden Outbrain, Lisa Lacour mengatakan, beberapa tautan berita dari Outbrain di portal WashingtonPost.com dan Time.com diarahkan ke situs web Syrian Electronic Army.

Sementara situs CNN International sempat muncul dengan keterangan "Hacked by SEA."

Dalam kicauan di Twitter, Syrian Electronic Army mengatakan telah menyerang tiga portal berita itu "dalam satu serangan" karena mereka membobol layanan Outbrain.

Beberapa saat kemudian, pihak Outbrain berhasil menyelesaikan masalah untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Meski demikian, situs CNN, Time dan The Washinton Post, tidak terkena dampak kerusakan dari serangan tersebut.

Syrian Electronic Army merupakan kelompok peretas yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad. Kelompok ini diduga sudah beberapa kali melakukan serangan ke situs web terkemuka, termasuk Associated Press, Twitter. The Financial Times, CBS News, Columbia University, dan Human Rights Watch.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.