Balon Wi-Fi Pertama Indonesia Mengangkasa di Klaten

Kompas.com - 20/08/2013, 09:50 WIB
Balon udara Gary Cosby Jr/APBalon udara
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menjadi daerah pertama di Indonesia yang meluncurkan balon udara untuk menyebarkan akses Wi-Fi gratis.

Langkah ini termasuk dalam program Klaten Go Online yang diprakarsai Kelompok Pengguna Linux Indonesia Klaten (KPLI Klaten), juga didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Klaten dan Telkom Kandatel Klaten.

Operations Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo mengonfirmasi, bahwa akses internet balon udara tersebut didukung oleh Grup Telkom, meliputi Telkom dan Telkomsel.

Seperti dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Klaten, balon udara Wi-Fi ini sudah beroperasi pada akhir Juli 2013 ini, bertepatan dengan HUT Klaten ke-209 tahun.

Balon udara itu kini ditempatkan di halaman kantor Pemkab Klaten dan alun-alun pusat kota Klaten. Pengguna dapat menikmati internet gratis dengan username: klaten, dan password: gooonline.

Proyek balon udara W-Fi di Klaten ini mirip dengan Project Loon yang diprakarsai Google. Pada 15 Juni 2013, Google melepas 30 balon udara pemancar Wi-Fi di wilayah Christchurh, Selandia Baru.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X