7 Perusahaan Teknologi Bersatu di "Internet.org"

Kompas.com - 21/08/2013, 12:13 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - CEO Facebook Mark Zuckerberg, meluncurkan proyek Internet.org yang membawa visi membuat semua orang di planet Bumi terhubung dengan koneksi internet, Rabu (21/8/2013).

Zuckerberg akan menggandeng perusahaan teknologi lain untuk mendukung visi tersebut.

Saat ini, Internet.org didukung oleh perusahaan teknologi yang fokus pada industri perangkat mobile, seperti Ericsson, MediaTek, Opera Software, Samsung, Nokia, dan Qualcomm.

Mereka akan bekerjasama menghadirkan "surga" internet alias internet cepat dengan teknologi kompresi data yang andal dan akses internet yang murah, serta ponsel pintar berkualitas tinggi.

Menurut data Internet.org, saat ini ada 2,7 miliar orang memiliki akses internet. Lebih dari dua per tiga penduduk dunia tidak memiliki akses internet. Nah, proyek Internet.org ingin membawa 5 miliar orang terhubung dengan internet.

Yang menarik, situs yang beralamat di http://www.internet.org tersebut langsung menampilkan informasi dalam bahasa Indonesia.

"Ada hambatan besar di negara berkembang untuk menghubungkan dan menggabungkan ekonomi pengetahuan. Internet.org menyatukan kemitraan global yang akan bekerja untuk mengatasi tantangan-tantangan ini," ujar Zuckerberg dalam siaran pers.

Produsen ponsel Nokia asal Finlandia, menyambut baik proyek ini. "Selama bertahun-tahun, Nokia telah menghubungkan lebih dari satu miliar orang. Akses internet universal akan menjadi revolusi industri besar berikutnya," kata CEO Nokia Stephen Elop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.