Ribuan Aplikasi di BlackBerry World Ternyata Tak Berguna

Kompas.com - 23/08/2013, 11:57 WIB
BlackBerry World BlackBerryBlackBerry World
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Karena tidak begitu dikontrol, BlackBerry World, toko aplikasi BlackBerry, dipenuhi dengan ribuan aplikasi kurang bermutu. Uniknya, aplikasi-aplikasi tersebut disumbang oleh satu pengembang aplikasi (developer) saja.

Developer yang dimaksud bernama S4BB. Mereka menyumbang sekitar 47.000 aplikasi di toko digital BlackBerry tersebut. Jumlah tersebut terlihat sangat besar, mengingat jumlah aplikasi yang ada saat ini baru menyentuh angka 120.000.

Apabila semua aplikasi tersebut dihapus, BlackBerry World hanya berisikan 73.000 aplikasi. Sebagai perbandingan, seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (23/8/2013), Windows Phone Marketplace berisi sekitar 150.000 aplikasi.

Phone Arena Kebanyakan aplikasi S4BB adalah audiobooks
Sekitar 20 hingga 30 aplikasi pertama dari S4BB memang tampak bagus. Namun, setelah ditelili lebih lanjut, pengguna akan menemukan banyak aplikasi "sampah" alias tidak berguna, bahkan ada beberapa yang tidak bisa disebut aplikasi.

S4BB memasukkan aplikasi-aplikasi seperti panduan mengunjungi sebuah kota, audiobooks, phrasebook, hingga aplikasi theme. Aplikasi-aplikasi tersebut tersedia untuk BB10 dan BBOS.

BlackBerry 10 sendiri sebenarnya sudah hadir beberapa bulan di pasaran. Sayangnya, ia kurang didukung pengembang aplikasi ternama, sebut saja Instagram, Path, dan Google Maps.

Untuk masalah ini, BlackBerry membuat janji pada saat peluncuran untuk meningkatkan aplikasi, tetapi 7 bulan sesudahnya, BlackBerry World masih tampak "sepi".

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X