Kompas.com - 28/08/2013, 17:29 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Serangan cyber belakangan marak terjadi di dunia maya. Salah satu korbannya yang terbaru adalah situs lokal Google untuk Palestina.

Seperti dilaporkan oleh TechCrunch, situs yang beralamat di google.ps itu minggu lalu sempat menjadi sasaran deface alias pengalihan halaman muka. Grup peretas bernama Hackteach mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Sebuah pesan berbau politik ditinggalkan di laman deface, bunyinya, "Paman Google kirim salam dari Palestina untuk mengingatkan Anda bahwa nama negara di Google Maps itu bukan Israel, tapi Palestina."

TechCrunch Laman situs Google Palestina yang dibajak peretas

The Next Web melaporkan bahwa Google telah mengeluarkan tanggapan resmi dan mengatakan bahwa sejumlah pengguna yang mencoba mengakses alamat google.ps telah dialihkan ke domain lain.

Layanan Google di alamat www.google.ps sendiri tidak diretas. Perusahaan mesin pencari itu juga menyatakan sedang mengontak pihak yang bertanggung jawab mengatur nama domain untuk menyelesaikan masalah pembajakan ini.

Situs Google Palestina pertama kali diluncurkan pada 2009. Pada Mei tahun ini, Google mengubah nama negara yang muncul di halaman muka mesin pencarinya itu dari "Google: Wilayah Palestina" menjadi "Google: Palestina", sesuai dengan keputusan PBB menaikkan status Palestina dari "entitas non-anggota" menjadi "negara non-anggota."

Langkah tersebut dipandang rakyat Palestina sebagai bentuk pengakuan Google atas kedaulatan negara mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.