Kompas.com - 12/09/2013, 07:04 WIB
CEO Intel Brian Krzanich memamerkan laptop tanpa kipas IntelCEO Intel Brian Krzanich memamerkan laptop tanpa kipas
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Intel terus berusaha menghilangkan suara bising kipas pada produk prosesor terbaru. Bahkan, perusahaan punya misi menghilangkan unit kipas dari produk prosesornya.

Dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2013), CEO Intel Brian Krzanich memamerkan pra-rupa komputer jinjing kategori Ultrabook buatan Hewlett-Packard (HP) yang tidak memakai kipas.

Komputer yang dipamerkan itu memakai prosesor kode nama Broadwell, yang akan jadi penerus prosesor Intel Core i generasi keempat atau yang memiliki kode nama Haswell. "Laptop tanpa kipas ini sangat irit daya, karena hanya mengkonsumsi daya 4,5 watt," ujar Krzanich, seraya disambut tepuk tangan pengunjung IDF 2013.

Unit kipas selama ini digunakan untuk menyingkirkan udara panas dari dalam komputer, dan menarik udara sejuk ke dalam komputer. Selain menyejukkan, kipas juga berfungsi menjaga suhu prosesor agar tetap stabil.

Prosesor tanpa kipas ini, kata Krzanich, akan tersedia pada prosesor tipe Core i5 dan Core i7 keluarga Broadwell.

Prosesor yang termasuk lini produk Broadwell dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter (nm). Soal konsumsi daya, Broadwell diklaim lebih irit 30 persen dibandingkan Haswell. "Kami meningkatkan daya 30 persen. Dan kita belum selesai. Itu hanya uji coba yang telah kita lakukan sejauh ini," kata Krzanich.

Intel menjanjikan produk komputer yang memakai prosesor Broadwell akan tersedia pada 2014.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.