Kompas.com - 12/09/2013, 20:29 WIB
Doug Fisher, Corporate Vice President and General Manager, Software and Services Group Intel IntelDoug Fisher, Corporate Vice President and General Manager, Software and Services Group Intel
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Perangkat mobile Android akan kembali mengalami kemajuan dan menawarkan performa tinggi dengan munculnya prosesor 64-bit. Perusahaan semikonduktor Intel, menyatakan dukungan terhadap sistem operasi Android 64-bit.

Corporate Vice President and General Manager, Software and Services Group Intel, Doug Fisher mengatakan, perusahaan akan menyediakan prosesor 64-bit bagi Android, yang mampu mengakses sistem memori (RAM) dengan kapasitas lebih dari 4GB di perangkat mobile.

"Langkah ini akan meningkatkan kinerja aplikasi yang lebih baik, menyajikan konfigurasi memori baru, dan membuka jalan bagi video Ultra-HD di perangkat mobile," ujar Fisher di acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Rabu (11/9/2013).

Munculnya ponsel pintar dan tablet yang menggunakan spesifikasi komponen tingkat tinggi, menandakan adanya peningkatan kebutuhan konsumen terhadap perangkat mobile. Mereka membutuhkan perangkat berukuran kecil yang dapat melakukan beragam aktivitas (multi-tasking).

Kendati demikian, Google belum menyatakan secara resmi Android versi apa yang sepenuhnya mendukung format 64-bit.

Selama ini, ponsel pintar dan tablet memanfaatkan prosesor 32-bit. Apple, menjadi perusahaan pertama yang memanfaatkan arsitektur 64-bit di prosesor Apple A7 pada ponsel iPhone 5S. Apple menggunakan desain arsitektur ARM untuk prosesor tersebut.

Prosesor macam ini membutuhkan dukungan sistem operasi dan aplikasi lain untuk berjalan dalam modus 64-bit. Sejatinya, prosesor macam ini bisa menawarkan kinerja lebih baik untuk aplikasi-aplikasi yang rakus sumber daya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.