Dell Berhenti Bikin Ponsel Android

Kompas.com - 16/09/2013, 13:59 WIB
Dell ReutersDell
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Produsen komputer Dell memiliki banyak rencana jika nanti mereka resmi jadi perusahaan privat. Akan tetapi, Dell menyatakan tidak akan lagi memproduksi ponsel pintar.

"Kami tidak lagi bermain dalam bisnis ponsel," kata pendiri sekaligus CEO Dell, Michael Dell, dalam wawancara dengan CNBC, Jumat (13/9/2013).

Dell punya cara sendiri mendapatkan keuntungan dari pasar ponsel pintar yang sedang mengalami pertumbuhan besar. Yaitu, dengan menjadi penyedia komputer server dan infrastruktur penyimpanan data di awan (cloud computing).

"Setiap kali sebuah perusahaan mobile baru akan lahir, mereka membutuhkan server dan infrastruktur untuk penyimpanan," ujar Dell. "Perusahaan perlu untuk melindungi dan mengamankan data mereka pada perangkat mobile."

Kendati kapok membuat ponsel, tetapi Dell akan tetap bermain di bisnis komputer tablet.

Dell sempat memproduksi ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan Windows Phone. Bahkan, Dell bisa disebut sebagai pelopor phablet, perangkat yang merupakan perpaduan ponsel dan tablet. Kala itu, tepatnya pada 2010, perusahaan merilis Dell Streak berukuran 5 inci.

Dari beberapa ponsel buatan Dell, tak ada satu pun yang bisa menggebrak pasar atau menarik perhatian konsumen. Nama besar Dell seakan tak terdengar dalam bisnis ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dell mengatakan, perusahaan bakal fokus di bisnis lain, khususnya produk bisnis dan jasa, serta produk lainnya untuk pasar negara berkembang.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.