Twitter Kenalkan Sistem Rekomendasi Baru

Kompas.com - 26/09/2013, 15:16 WIB
Akun twitter MagicRecs ScreenshotAkun twitter MagicRecs
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com Twitter telah mengumumkan sebuah sistem rekomendasi baru. Sistem ini berawal dari sebuah eksperimen melalui akun @MagicRecs.

Hal itu dikemukakan Venu Satuluti, Sr Software Engineer, Search & Relevance, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Menurut Venu, ia kerap merasa ketinggalan beberapa tweet yang bagus atau baru tahu saat seseorang yang menarik telah bergabung di Twitter.

Fitur rekomendasi baru ini, ujarnya, diharapkan bisa menyelesaikan masalah semacam itu. "Anda akan menerima rekomendasi pribadi ketika beberapa orang dalam jaringan Anda mengikuti pengguna yang sama atau mem-‘favoritkan’ atau me-‘retweettweet yang sama," kata Venu.

Fitur ini akan mulai diterapkan pada aplikasi Twitter untuk Android dan iPhone. Sebelumnya, sistem ini diujicobakan lewat akun @MagicRecs.

Dalam eksperimen itu, @MagicRecs akan mengirimkan Direct Message (DM) kepada pengguna Twitter yang men-follow akun itu. Isi DM tersebut adalah rekomendasi terkait pengguna maupun tweet yang dianggap cocok dengan sang follower.

Sedangkan dalam penerapannya, rekomendasi itu akan muncul dalam bentuk notifikasi atau pemberitahuan yang disampaikan aplikasi Twitter untuk Android dan iOS.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentunya, ujar Venu, notifikasi ini bisa dikendalikan oleh pengguna. Melalui pengaturan di aplikasi, fitur "Recommendations" bisa dimatikan atau dinyalakan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X