Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Foto 1,2 Miliar Pengguna Facebook

Kompas.com - 01/10/2013, 08:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechSpot
Tampilan situs The Faces of Facebook

KOMPAS.com — Dengan jumlah pengguna lebih dari 1,2 miliar, Facebook adalah jejaring sosial terbesar di muka bumi. Seperti apa jadinya jika foto profil semua pengguna tersebut ditampilkan dalam sebuah gambar?

Itulah yang dilakukan oleh seorang desainer lepas bernama Natalia Rojas. Sebagaimana dikutip oleh TechSpot dari RYOT, Rojas membuat sebuah situs web khusus bernama "The Faces of Facebook".

Sesuai namanya, The Faces of Facebook menampilkan gambar mozaik yang terdiri dari miliaran profile picture pengguna jejaring sosial tersebut. Foto-foto itu disusun secara kronologis, berdasarkan waktu anggota yang bersangkutan bergabung dengan Facebook.

Nomor urutannya pun turut ditampilkan. Pendiri Facebook Mark Zuckerberg, misalnya, hadir sebagai anggota "nomor 1". Saat ini terdapat sekitar 1,26 miliar pengguna yang tercatat. Angka tersebut terus bertambah setiap detiknya dan turut diperlihatkan lewat counter di dalam situs.

Untuk melihat foto-foto pengguna, cukup arahkan kursor ke sebuah bidang dalam gambar. Nomor profile picture yang saat itu ditunjuk ditampilkan di sisi kursor. Kemudian, lakukan klik kiri untuk zoom in dan melihat foto.

Untunglah, The Faces of Facebook turut menyediakan opsi pencarian di pojok kanan atas layar di mana seorang pengguna bisa log in dengan akun Facebook untuk langsung mengetahui di mana foto profilnya berada dalam gambar, berikut nomor urutannya.

Jika dicari satu per satu, maka diperlukan waktu sekitar 20 tahun dengan asumsi tiap foto dilihat selama setengah detik.

Untuk memastikan tidak ada privasi yang dilanggar, The Faces of Facebook menyatakan hanya mengambil data (foto) yang memang diatur agar tersedia untuk publik oleh pengguna. Pengguna yang tidak ingin terlihat bisa mengatur setelan profil menjadi "private".

Penasaran? Silakan kunjungi The Faces of Facebook di tautan berikut ini. Pengguna nomor berapakah Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com