Di China, "Permak" iPhone Emas Cuma Rp 66 Ribu

Kompas.com - 02/10/2013, 14:20 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sejak peluncuran perdananya, iPhone 5S versi warna emas begitu diburu oleh konsumen. Tingginya popularitas warna ini telah sukses membuatnya menjadi produk langka di pasaran.

Nah, bagi konsumen yang sudah tidak sabar untuk mendapatkan iPhone dalam balutan warna emas ini, vendor asal China punya solusi cepatnya. Menurut pengamatan media Wall Street Journal, Rabu (2/10/2013), beberapa toko online di China menjual stiker berwarna emas, khusus untuk iPhone 5.

Stiker tersebut dapat mengubah iPhone 5 berwarna lain tampak seperti iPhone 5S versi emas. Harga dari stiker ini pun tidak terlalu mahal, 35 yuan atau sekitar Rp 66.000.

"Anda tidak perlu menjual organ tubuh Anda untuk membeli iPhone. Daripada membayar 5.288 yuan (harga iPhone 5S 16 GB di China), Anda hanya perlu menghabiskan 35 yuan untuk membuat iPhone 5 mirip seperti iPhone 5S warna emas dalam beberapa detik," tulis salah satu iklan.

taobao.com
iPhone 5 setelah dipasangkan dengan stiker emas
Stiker warna emas ini pun dikabarkan laku keras. Ribuan stiker emas di salah satu toko online, taobao.com, dikatakan sudah terjual dalam satu bulan. Beberapa review dari pengguna yang telah menggunakannya cukup positif, tetapi beberapa pengguna mengeluhkan perbedaan warna dan ukuran dari stiker ini.

Warna emas memiliki makna yang sangat dalam bagi orang China. Emas melambangkan kekayaan dan metal (bahan dasar yang digunakan sebagai cangkang iPhone 5S) sebagai aset yang sangat berharga. Bahkan, beberapa media di China sudah menyebut iPhone warna baru ini sebagai status simbol yang baru. Oleh karena itu, tidak aneh apabila iPhone warna ini begitu diburu.

iPhone 5 memang memiliki desain yang tidak jauh berbeda dari iPhone 5S. Dengan miripnya desain ini, tentu tidak sulit "menyulap" iPhone 5 menjadi iPhone 5S. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan stiker warna ini.

Emas merupakan warna terbaru dari seluruh jajaran iPhone. Biasanya, Apple hanya meluncurkan iPhone dalam dua versi warna saja, yaitu hitam dan putih. Hal tersebut mulai berubah di iPhone 5S, dimana Apple menghadirkan tiga pilihan warna sekaligus, yaitu silver, hitam, dan emas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.