iPhone 5S Bermasalah seperti Windows PC

Kompas.com - 14/10/2013, 11:56 WIB
Blue screen pada iPhone 5S The VergeBlue screen pada iPhone 5S
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Pengguna Windows pasti akrab dengan "Blue Screen of Death" (BSOD) alias layar biru berisi pesan eror yang muncul apabila sistem mengalami crash.

Kalau sudah "nongol", jalan satu-satunya untuk membuat komputer kembali bekerja adalah dengan melakukan restart.

Hal semacam itu ternyata bukan monopoli Windows semata, melainkan bisa juga terjadi pada Apple iPhone 5S.

Sebagaimana dilansir The Verge, sejumlah pengguna melaporkan kasus saat ponsel pintar populer itu berhenti berfungsi (hang) dengan layar biru dan melakukan restart dengan sendirinya.

Kejadian layar biru ini disinyalir berkaitan dengan bug pada suite aplikasi iWork yang dipaketkan bersama seluruh perangkat iOS terbaru.

Twitter
Pengguna mengeluhkan kejadian blue screen pada iPhone 5S lewat Twitter

Sebuah video memperlihatkan bahwa BSOD pada iPhone 5S muncul ketika pengguna melakukan multitasking, berpindah-pindah antar-aplikasi yang sedang berjalan.

Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa iPhone 5S mereka sering kali melakukan reboot sendiri secara acak selagi dipakai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple sendiri sebelumnya telah merilis update iOS 7.0.2 untuk mengatasi bug keamanan layar kunci pada sistem operasi tersebut. Tetapi, masalah reboot mendadak masih terus terjadi.

Pengguna yang mengalami masalah ini menyalurkan keluhan lewat sejumlah thread di forum Apple dan kiriman Twitter. Crash yang berhubungan dengan iWorks kabarnya bisa diredam dengan mematikan fitur sinkronisasi iCloud untuk aplikasi Pages, Keynote, dan Numbers.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.