Vendor China Rilis Ponsel Quad HD Pertama Dunia

Kompas.com - 18/10/2013, 13:08 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Vendor ponsel pintar asal China terus unjuk gigi. Perusahaan-perusahaan asal Negeri Tirai Bambu ini terus merilis ponsel yang dipersenjatai dengan spesifikasi tinggi yang dilengkapi dengan fitur tidak biasa.

Salah satunya adalah perusahaan bernama Vivo. Vendor ini baru saja mengumumkan ponsel pintar pertama di dunia yang dipersenjatai dengan layar beresolusi Quad HD 2560 x 1440 piksel. Produk yang dinamakan Vivo Xplay 3S ini merupakan ponsel dengan resolusi Quad HD pertama di dunia.

Resolusi tersebut mengungguli resolusi yang dimiliki oleh iPad Retina Display. Sebagai perbandingan, iPad Retina Display mendukung resolusi 2048 x 1536 piksel.

Namun, Vivo tidak mengumumkan ukuran layar yang diusung oleh Vivo Xplay 3S. Situs teknologi Engadget, Jumat (18/10/2013), menduga bahwa Vivo menggunakan panel layar Quad HD yang baru saja diumumkan oleh LG. Jika benar menggunakan panel layar tersebut, seharusnya Xplay 3S memiliki bentang layar 5,5 inci dengan tingkat kerapatan 538 pixel per inci (ppi).

Vivo belum mengumumkan secara detil spesifikasi hardware dari perangkat ini. Namun, seperti dikutip dari Mashable, mereka telah membeberkan bahwa produk ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 MSM8974AB. Artinya, perangkat ini sudah mendukung jaringan LTE milik China, TD-LTE.

Secara teori, mata manusia sebenarnya hanya melihat rincian piksel dalam layar pada tingkat kerapatan 300 ppi. Jika ingin melihat piksel pada layar dengan tingkat kerapatan lebih dari 300 ppi, mata manusia harus berjarak sangat dekat dengan layar.

Kemudian, mengapa Vivo mau merilis layar dengan tingkat kerapatan sangat tinggi? Belum ada penjelasan dari pihak Vivo mengenai hal tersebut. Namun, kemungkinan Vivo ingin menunjukkan bahwa perusahaan asal China mampu unggul secara teknologi dari perusahaan asal Barat sekalipun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mashable



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.