Kompas.com - 30/10/2013, 11:03 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Lars Backstrom, profesor dari Cornell University sekaligus pemrogram senior dari Facebook, sedang mengembangkan algoritma yang diklaim bisa secara akurat memprediksi perjalanan cinta pengguna Facebook.

Algoritma dapat mengidentifikasi apakah Anda pasangan yang romantis, siapa yang mungkin menjadi pasangan Anda, bahkan meramalkan kemungkinan kapan Anda putus cinta.

Dahulu, Backstrom adalah manajer yang bertanggung jawab atas penciptaan News Feed di Facebook. Fitur ini merupakan aliran arus informasi berdasarkan apa yang dibagikan teman.

Penelitian dan pengembangan Backstrom kali ini dilakukan terhadap 1,3 juta pengguna Facebook berusia minimal 20 tahun yang dipilih secara acak. Pengguna yang menjadi bahan penelitian memiliki 50 sampai 2.000 teman yang mencantumkan nama pasangan dalam akun mereka.

Salah satu metrik yang diukur disebut dengan "disperson," yang menganalisis hubungan seseorang dengan teman lain. Metrik ini bisa meliputi seberapa sering pengguna melihat profil pengguna lain, menghadiri, dan bertemu di suatu acara, serta pesan yang dikirim.

Selain itu, metrik lainnya adalah apa yang disebut ilmuwan sosial sebagai "embeddedness", yaitu kecenderungan antara teman dekat yang selalu berbagi dan teman yang sama.

Backstrom akan mempresentasikan cara kerja algoritmanya secara detail dalam sebuah konferensi teknologi pada Februari 2014 mendatang. Juru bicara Facebook mengatakan, algoritma ini tidak sedang digunakan untuk fitur News Feed.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.