Sehari 400 Juta Foto, Snapchat Lampaui Facebook?

Kompas.com - 22/11/2013, 14:35 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Jumlah foto yang di-posting pengguna Snapchat per hari diklaim telah melampaui Facebook. Disampaikan oleh CEO Evan Spiegel, pengguna aplikasi Snapchat di seluruh dunia telah mem-posting 400 juta foto per hari.

Snapchat adalah aplikasi photo messaging yang dikembangkan Spiegel. Pengguna bisa berbagi foto, video, dan teks kepada seseorang dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu, foto, video, dan teks yang dikirim akan disembunyikan atau dihapus di gadget penerima dan server Snapchat.

Dikutip dari Business Insider (22/11/2013), perwakilan Snapchat mengklarifikasi jumlah posting-an penggunanya per hari telah melampaui 400 juta, sementara Facebook 350 juta. Snapchat juga disebut-sebut mengalahkan Instagram dengan 55 juta unggahan per hari.

Namun perlu diingat bahwa posting-an di Snapchat berbeda dengan di Facebook. Foto di Snapchat hanya ditampilkan beberapa saat, atau beberapa hari saja jika pengguna mem-posting-nya dalam profil "Snapchat Stories" mereka.

Sementara itu posting-an foto di Facebook biasanya disimpan lama. Kontak Facebook juga bisa mengakses foto tersebut selama belum dihapus. Sifatnya lebih permanen di platform digital sehingga jumlah waktu aktivitas di Facebook bisa lebih lama dibanding di Snapchat.

Sementara Mashable mengatakan, posting-an Facebook yang berjumlah 350 juta per hari tersebut adalah foto yang diunggah langsung ke Facebook, belum termasuk pengguna Facebook yang memiliki akun jejaring sosial berbasis foto lainnya, seperti Instagram.

Namun, diakui Mashable bahwa pertumbuhan jumlah posting-an di Snapchat memang cepat. Tak heran jika dalam waktu dekat bisa mengangkangi Facebook.

Bisa jadi ini adalah rencana Spiegel dalam mendongkrak nilai Snapchat. Minggu lalu dirinya baru saja menolak tawaran akuisisi Facebook senilai 3 miliar dollar AS. Google juga diberitakan sedang bernegosiasi dengan Snapchat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.