Baidu Belum Jualan Mesin Pencari di Indonesia

Kompas.com - 19/12/2013, 14:35 WIB
Managing Director Baidu Indonesia Bob Bao (kiri) dan Marketing Manager Baidu Indonesia Iwan Setiawan (tengah) Aditya Panji/KompasTeknoManaging Director Baidu Indonesia Bob Bao (kiri) dan Marketing Manager Baidu Indonesia Iwan Setiawan (tengah)
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan mesin pencari internet Baidu telah masuk pasar Indonesia sejak 2013. Untuk tahap awal di Indonesia, perusahaan terlebih dahulu memasarkan produk aplikasinya, namun belum akan meluncurkan mesin pencarinya dalam waktu dekat.

Managing Director Baidu Indonesia, Bob Bao mengatakan, pihaknya punya rencana meluncurkan mesin pencari di Indonesia. “Tapi kami belum punya timeline untuk meluncurkan produk itu di sini,” terang Bob dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Mesin pencari merupakan produk andalan Baidu. Menurut Bob, mesin pencari Baidu menguasai 72 persen pasar mesin pencari internet di China.

Jika Baidu ingin meluncurkan mesin pencarinya di Indonesia, perusahaan asal China itu harus menjaring konten dan informasi lokal agar sesuai dengan kebutuhan pengguna di Indonesia. Jika ingin lebih menarik, Baidu harus menyediakan bahasa Indonesia dalam produknya.

Di Indonesia, Baidu terlebih dahulu memasarkan produk aplikasi Baidu PC Faster dan Baidu Antivirus yang semuanya bisa diunduh secara gratis. Kedua produk itu telah diunduh oleh 3 juta pengguna di Indonesia sejak Februari 2013.

Bob menargetkan, aplikasi PC Faster diunduh menjadi lima juta kali di Indonesia pada 2014, dan produk antivirus-nya ditargetkan menjadi satu juta kali unduhan. Kedua aplikasi itu akan disediakan dalam versi bahasa Indonesia pada 2014.

Dalam waktu dekat, Baidu juga berencana menjalin kerjasama dengan penyedia konten lokal, terutama untuk konten game.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baidu sendiri memiliki banyak produk perangkat lunak untuk komputer pribadi dan perangkat mobile, antara lain Hao123, Baidu Browser, Du Baterry Saver, hingga aplikasi olah foto Photo Wonder yang mirip Instagram.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X