Kompas.com - 23/12/2013, 16:18 WIB
Ilustrasi PC WorldIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Prosesor Intel Xeon terkini (Ivy Bridge-EP) memiliki jumlah core CPU mencapai 12 buah. Chip itu diproduksi dengan proses fabrikasi 22 nanometer.

Ke depannya, pabrikan chip itu sedang mengembangkan prosesor jenis baru berkode nama "Broadwell-EP" dan "Broadwell-EX" yang dibangun dengan proses 14 nanometer. Jumlah core dalam satu prosesor bisa ditingkatkan menjadi 18 buah.

Menurut bocoran slide yang dilansir oleh VR-Zone, chip Broadwell-EP akan diluncurkan pada 2015 dan tersedia dalam dua varian.

Yang pertama adalah versi desktop berkinerja tinggi dengan jumlah core antara 8 hingga 10 buah. Lainnya merupakan versi workstation dengan inti pemrosesan berjumlah 12 hingga 16 buah. Adapun varian dengan 18-core akan datang dari keluarga Broadwell-EX.

Sesuai dengan filosofi "tick-tock" perusahaan tersebut, Intel diperkirakan tidak akan meningkatkan kecepatan core CPU, melainkan hanya menambah jumlahnya dalam tiap kemasan prosesor.

Untuk mengimbangi perkembangan prosesor itu, Intel juga disebut akan memasangkannya dengan RAM berkecepatan tinggi DDR-2400. Jumlah modul memori yang bisa diakses dalam waktu bersamaan mencapai 16 buah.

Prosesor-prosesor tersebut merupakan keluarga Xeon pertama yang dibangun dengan proses fabrikasi 14nm. Waktu peluncurkannya diperkirakan berdekatan dengan acara Intel Developer Forum 2015, pada September tahun depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, konsumsi daya versi konsumer dari Broadwell bisa ditekan hingga 4,5 watt sehingga memungkinkan prosesor tersebut dipasang pada tablet dan perangkat laptop "2-in-1". 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber VR-Zone
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.