China Bikin Sistem Operasi Pesaing Android

Kompas.com - 19/01/2014, 18:14 WIB
Logo COS (Chinese Operating System) Digital TrendsLogo COS (Chinese Operating System)
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — China sejak dulu memiliki strategi dagang yang unik. Industri mereka tak segan mencontoh produk yang sukses di pasaran, kemudian membuat versi mereka sendiri. Dengan biaya produksi rendah, China bisa menjual produk tiruan tersebut dengan harga yang lebih murah.

Suka atau tidak, strategi tersebut nyatanya berhasil dan mampu menggaet banyak konsumen. Produk-produk buatan China banyak diminati, mulai dari peralatan rumah tangga, gadget elektronik, bahkan hingga pesawat tempur siluman.

Di ranah teknologi informasi mobile, China juga nampaknya ingin bersaing dengan vendor-vendor sistem operasi besar, seperti Apple iOS dan Google Android. Untuk bersaing di pasar yang berkembang pesat tersebut, China menyiapkan sistem operasi buatan mereka sendiri: COS.

COS atau kependekan dari China Operating System ini, dikutip dari Digital Times pada 16 Januari 2014, diluncurkan dalam sebuah acara di Beijing. COS mendapatkan dukungan dari Pemerintah China, dan kemungkinan akan beredar di pasar domestik.

COS dikembangkan oleh Institute of Software di Chinese Academy of Sciences. Platform ini dikembangkan dari basis Linux, dan memiliki sifat terbuka. COS dibuat bukan hanya untuk smartphone, melainkan juga untuk komputer dan set-top box.

Produsen smartphone HTC ikut terlibat dalam pengembangan COS dengan menjadi tim penasihat. Tahun lalu, The Wall Street Journal memberitakan bahwa chairperson HTC, Cher Wang, menjadi supervisor pembuatan sistem operasi khusus yang dikembangkan untuk pasar di China.

Menurut tim pengembangnya, COS dibuat karena, menurut mereka, Android dan Windows Phone selama ini memiliki keamanan yang ringkih. Sementara itu, iOS dikesampingkan karena terlalu membatasi.

COS diklaim tidak memiliki kelemahan-kelemahan seperti disebut di atas, dan pengembang yakin bahwa COS tidak akan terkena efek fragmentasi seperti yang terjadi di Android.

Chinese Engadget Smartphone yang menjalankan COS

Jika melihat sepintas video promo yang diluncurkan COS, antarmuka sistem operasinya seperti gabungan antara Android dan iOS. Sementara itu, produk smartphone yang mengusungnya memiliki bentuk fisik yang menyerupai salah satu smartphone buatan HTC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.