"Browser" Google Chrome Bisa Kenali Pembajak

Kompas.com - 11/02/2014, 09:52 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Jagat maya penuh dengan bahaya yang kasatmata. Banyak software berbahaya dan situs web yang jahat, siap memakan korban yang tidak awas.

Aplikasi browser internet berada di garis depan dalam memerangi software dan situs berbahaya tersebut, seperti Google yang membuat browser internet yang bisa mengenali jika browser-nya dibajak.

Google baru-baru ini menambah fitur baru dalam browser Chrome. Fitur terbaru tersebut akan memperingatkan pengguna saat setting peramban telah diinfeksi oleh software yang berbahaya.

Dalam posting-an di blog resmi Chrome, Vice President of Engineering Google Linus Upson mengatakan bahwa fitur baru tersebut ditambahkan sebagai pelengkap fitur sebelumnya yang bisa mereset penyetingan Chrome seperti semula.

Kode dan program jahat biasanya menyusup dari software gratis yang diunduh dari internet. Kode tersebut bisa mengubah beberapa penyetingan Chrome.

Dikutip dari Ars Technica, serangan terhadap browser ini kebanyakan berupa tampilan iklan di halaman web dan memblokir kemampuan web untuk kembali ke penyetingan semula.

"Pembajakan browser ini menjadi kasus terbesar yang dilaporkan ke forum bantuan Chrome," demikian ujar Upson.

Google
Reset prompt Chrome

Karena itulah, Chrome kini dibuat untuk bisa mengenali jika terjadi perubahan penyetingan dalam browser-nya, dan menginformasikan kepada pengguna.

Pengguna kemudian diberi pilihan untuk me-reset kembali settingan browser secara otomatis, kembali seperti semula seperti saat setelah di-install (reset factory setting).

Google memperingatkan bahwa dengan melakukan reset factory setting tersebut, semua ekstensi, aplikasi, dan tema yang dipasang sebelumnya akan hilang. Namun, Google menyediakan penyetingan untuk mengembalikan mereka dengan mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.