Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaio Dijual, Bagaimana Nasib Xperia WP8?

Kompas.com - 11/02/2014, 15:41 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Meski Sony sudah resmi melepas unit bisnis komputer pribadi Vaio, kerjasama antara perusahaan asal Jepang tersebut dengan Microsoft tampaknya belum akan berakhir.

Baru-baru ini, petinggi Sony membeberkan kemungkinan untuk tetap menggunakan produk Microsoft di perangkat mobile-nya.

Belum lama ini, Sony telah mengumumkan akan menjual unit bisnis tersebut kepada perusahaan Jepang lainnya, yaitu Japan Industrial Partners (JIP). Setelah penjualan Vaio rampung, CEO Sony Kazuo Hirai membeberkan bahwa Sony sudah tidak memiliki rencana lagi untuk produk PC berbasis Windows.

Perangkat jenis itu nantinya akan dilimpahkan sepenuhnya kepada JIP.

"Produk Windows akan pindah ke perusahaan baru," kata Hirai, dalam sebuah konferensi pers bersama beberapa media Jepang, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (8/2/2014).

Meski sudah mulai melupakan perangkat Windows di PC, Sony tampaknya masih belum mau menutup kerjasama dengan Microsoft. Hirai memberikan sedikit petunjuk bahwa Sony masih memikirkan kemungkinan menggunakan produk Windows pada fokus perusahaan berikutnya, yaitu ponsel pintar dan tablet.

"Dalam area mobile, kami memutuskan sekarang untuk berkonsentrasi pada smartphone dan tablet," kata pria yang akrab dipanggil Kaz Hirai ini. "Microsoft memiliki berbagai variasi OS, termasuk mobile. Jadi, sebagai Sony, kami akan mempertimbangkan pengembangan produk baru."

CEO sebuah perusahaan biasanya tidak akan membahas pengembangan produk yang belum pasti. Jadi, tampaknya Sony saat ini sedang mempertimbangkan produk smartphone atau tablet yang berjalan di sistem operasi Windows Phone 8.

Benarkah? Mari kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com