Kompas.com - 16/02/2014, 10:32 WIB
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Di akhir tahun ini, bisa jadi bakal makin banyak ponsel pintar yang dijual dengan harga terjangkau, namun memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Hal tersebut dimungkinkan berkat kehadiran desain arsitektur ARM terbaru yang dibuat oleh ARM Holdings.

ARM Holdings baru saja mengumumkan desain prosesor baru yang diberi nama Cortex-A17. Dikutip dari Mashable, ARM mengklaim bahwa ponsel atau tablet yang menggunakan prosesor berarsitektur A17 bisa lebih hemat 60 persen dibanding perangkat yang menggunakan arsitektur A9. Dengan demikian, vendor yang menggunakan prosesor A17 bisa meningkatkan fitur dan performa produknya.

Desain A17 disebut ARM Holdings bisa menangani video 4K dan mendukung pemotretan dengan resolusi foto hingga 20 megapixel. Ditambah lagi dukungan layar yang bisa ditingkatkan hingga Quad HD. Desain terbaru ARM ini juga dikatakan bisa terhubung dengan perangkat wearable melalui koneksi Bluetooth dan ANT+.

Arsitektur A17 ini diharapkan akan digunakan oleh sebagian besar vendor pada pertengahan 2015 mendatang. Selain ponsel pintar dan tablet, A17 juga diharapkan bisa memberi tenaga Smart TV yang tahun depan diprediksi akan terjula hingga 140 juta unit.

Salah satu perusahaan pembuat prosesor yang sudah meluncurkan prosesor berarsitektur A17 adalah MediaTek. Prosesor terbaru ini disebut-sebut akan menggantikan posisi desain arsitektur Cortex-A9, yang telah berusia 6 tahun.

Walau kemampuannya meningkat, namun MediaTek mengatakan bahwa ponsel pintar premium yang mengusung A17 bisa dijual dengan harga lebih murah, sekitar 200 dollar AS tanpa subsidi.

Desain prosesor ARM saat ini memang paling banyak digunakan untuk perangkat mobile. Kendati demikian, perusahaan Intel selaku pengembang desain arsitektur prosesor X86, terus mengejar ketertinggalannya dari ARM.

Melalui lini produk prosesor Atom, Intel gencar bermain di segmen pasar menengah ke bawah. Mereka terus berusaha membuat desain prosesor yang hemat daya namun tetap menawarkan performa yang kencang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mashable


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.