Kompas.com - 13/03/2014, 10:53 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Layanan peta yang diperkenalkan Apple di iOS 6 selama ini menuai banyak kritikan. Peta yang dikembangkan Apple tersebut memiliki banyak kelemahan dibanding Google Mpas. Namun, tak lama lagi Apple akan membenahinya.

Rencananya Apple akan memperbaiki layanan peta tersebut bersamaan dengan diluncurkannya sistem operasi iOS 8.

Dilansir dari 9to5Mac, jajaran eksekutif Apple termasuk CEO Tim Cook, Senior Vice Presidents, Eddy Cue dan Craig Federighi mengatakan, Apple saat ini sedang menggodok aplikasi Maps "anti-nyasar" dalam iOS 8.

Para eksekutif Apple tersebut lebih menekankan pada tingkat akurasi dan realibilitas aplikasi Maps dalam iOS, alih-alih perbaikan tampilan.

Rencananya, Apple akan memperbanyak fungsi Public Transit dalam aplikasi peta buatannya. Dengan demikian, pengguna yang ingin bepergian dengan angkutan umum seperti bus atau kereta bisa mengetahui rute mana saja yang harus digunakan.

Selain itu, Maps dalam iOS8 juga akan diberikan data Point of Interest yang lebih banyak, sehingga pengguna bisa mencari suau lokasi dengan lebih cepat dan mudah.

Sebelumnya, peta dalam iOS menuai banyak kritikan karena tidak akurat, seperti suatu tempat yang seharusnya pemukiman namun ditampilkan sebagai taman. Selain itu, rute perjalanan yang dianjurkan peta Apple juga kadang melewati jalan yang tidak seharusnya boleh dilewati.

Buntut dari kegagalan tersebut, Apple memecat kepala divisi Apple Maps, Richard Williamson. Kepala divisi aplikasi iOS, Scott Forstall diminta untuk mengundurkan diri pada November 2012 lalu.

Kini Apple mengatakan ingin membangun aplikasi Maps yang setidaknya bisa mendekati Google Maps. Apple menatakan peta buatannya akan memenuhi standar yang tinggi bagi para penggunanya. Benarkah? Mari kita tunggu bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.