Kompas.com - 13/03/2014, 13:37 WIB
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Tren smartphone yang tangguh alias tahan air dan cuaca semakin marak. Setelah Sony meluncurkan lini Xperia Z yang tahan air, dan Samsung dengan Galaxy S4 Active, kini LG disebut juga menyematkan kemampuan yang sama dalam smartphone buatannya.

Media Korea ETNews mengabarkan bahwa LG akan menyematkan fitur tahan air dan debu ke dalam varian smartphone unggulannya, LG G3. Namun, LG belum memberikan kepastian kapan fitur tersebut mulai diperkenalkan.

"Fitur tahan air dan debu akan semakin banyak diadopsi di masa depan, karena itu dalam smartphone kami di masa depan, kami juga akan menambahkan fitur tersebut bersamaan dengan inovasi hardware lainnya," demikian keterangan resmi LG.

Sebelumnya LG juga pernah memiliki portfolio smartphone tahan air, yaitu Optimus GJ yang bisa dibawa menyelam hingga 30 meter.

Smartphone lain yang berencana menambahkan fitur tahan air dan kotoran ini antara lain Motorola DROID yang diklaim tahan terhadap cipratan, walau kabar ini belum dikonfirmasi langsung oleh Motorola.

Vendor lain, seperti HTC dan Samsung, telah mengantongi sertifikasi IPX5 dan IPX6, seperti dalam HTC Butterfly yang tahan terhadap semprotan air. Samsung bahkan berencana untuk mendapatkan sertifikasi IP6 atau 7 untuk Galaxy S5-nya.

Rating skala IP menunjukkan ketahanan suatu produk terhadap air. Skala yang digunakan yaitu antara IPX0 hingga IPX8. Rating 0 menunjukkan suatu produk tidak boleh kena tetesan air, sementara 8 menunjukkan nboleh dibawa untuk menyelam.

Selain Galaxy S5 dan LG G3, kompetitor lain yang juga akan menambahkan fitu tahan air dan debut adalah HTC One terbaru.

Walau masih spekulasi, dengan semakin banyaknya vendor yang berencana menambahkan fitur ketahanan terhadap air dan debu tersebut memunculkan pertanyaan, apakah konsumen benar-benar membutuhkannya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ETNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.