Fitur Anti-maling iOS 7 Bisa Dimatikan Pencuri

Kompas.com - 07/04/2014, 14:04 WIB
Remaja mengecek ponsel mereka 32 kali sehari. BBCRemaja mengecek ponsel mereka 32 kali sehari.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Ponsel pintar iPhone dari Apple menyediakan aplikasi "Find My iPhone" yang bisa melacak posisi ponsel yang bersangkutan, apabila dicuri dari tangan si empunya perangkat.

Fitur ini bisa diakses lewat menu pengaturan iCloud, tapi hanya bisa dimatikan dengan memasukkan password Apple ID. Maling iPhone pun mati kutu. Ponsel pintar tersebut tidak bisa di-reset, akun Appe ID dan iCloud tak bisa diganti.

Namun, sebuah kelemahan fatal yang baru-baru ini ditemukan oleh pengguna YouTube bernama Miguel Alvarado telah membuyarkan fitur keamanan itu.

Sebagaimana dilaporkan oleh 9to5mac, yang harus dilakukan adalah hanyalah pergi ke pengaturan iCloud, pilih tombol "delete account" dan switch untuk mematikan Find My iPhone pada saat bersamaan, yang sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan.

Ketika diminta memasukkan password, tekan tombol power dan matikan iPhone. Begitu iPhone dihidupkan kembali, siapapun bisa masuk ke setting iCloud dan menghapus akun tanpa dimintai password.

Langkah yang bisa dilakukan setelah itu adalah melakukan restore ponsel dengan iTunes. iPhone pun menghapus semua data dan pengaturan serta kembali ke kondisi default. Activation Lock tak akan muncul ketika ponsel di-restore karena fungsi tersebut membutuhkan fitur Find My iPhone dalam keadaan aktif.

Detail langkah-langkah tersebut bisa dilihat pada video di bawah. Karena telah mengemuka ke publik, Apple seharusnya sedang mencari cara untuk memperbaiki masalah ini. Berita bagusnya untuk memperketat keamanan, mengunci layar dengan passcode masih bisa dipakai agar orang selain pengguna tak bisa mengakses perangkat sama sekali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.