Pendiri Dipecat, "Facebook-nya Rusia" Dikuasai Orang Dekat Putin

Kompas.com - 22/04/2014, 12:18 WIB
Pendiri jejaring sosial VKontakte asal Rusia, Pavel Durov Dokumentasi Pavel Durov via VKontaktePendiri jejaring sosial VKontakte asal Rusia, Pavel Durov
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Jejaring sosial VKontakte, yang sering disebut sebagai Facebook versi Rusia, baru saja kehilangan pendirinya, Pavel Durov. Ia telah dipecat karena jejaring sosial buatannya itu telah dikuasai oleh dua orang yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam sebuah pernyataan di halaman VKontakte, Selasa (22/4/2014), Durov mengatakan, "Hari ini, VKontakte berjalan di bawah kendali penuh dari Igor Sechin dan Alisher Usmanov."

Usmanov merupakan pengusaha perusahaan teknologi, Mail.ru, yang telah meningkatkan sahamnya di VKontakte. Ia juga memiliki saham sekitar 10 persen di Facebook.

Sementara Sechin, merupakan CEO Rosneft, perusahaan minyak milik negara. Ia diyakini menjadi salah satu penasehat terdekat Presiden Putin.

Durov yang saat ini berusia 29 tahun, mendirikan VKontakte yang sekarang memiliki lebih dari 100 juta pengguna di Rusia dan negara-negara lain pecahan Uni Soviet.

"Mungkin, dalam konteks Rusia, hal seperti ini tak bisa dihindari, tapi aku senang kami telah bersama selama tujuh setengah tahun," lanjut Durov. "Kami melakukan banyak hal, dan bagian dari apa yang telah dilakukan tidak dapat diubah kembali."

Durov mendapat banyak tekanan dari sana-sini sejak 2013 terkait kebebasan berekspresi pengguna VKontakte. Pekan lalu, Durov diminta untuk menutup atau memblokir aktivitas kelompok anti-pemerintah Ukraina, namun Durov menolak permintaan itu.

Sekarang ia tak lagi memiliki saham di VKontakte, karena telah menjual 12 persen sahamnya yang tersisa dan telah disetujui pemegang saham VKontakte pada awal 2014.

Pemerintah Rusia sudah lama mempertahankan kontrol ketat atas media televisi dan media cetak, namun mereka kurang ketat dalam mengontrol media online. Para aktivis anti-Putin memanfaatkan media online untuk melontarkan protes.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X