Kompas.com - 29/04/2014, 08:48 WIB
Logo Internet Explorer Logo Internet Explorer
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft pada Sabtu (26/4/2014) mengeluarkan peringatan melalui blog resminya bahwa terdapat lubang keamanan dalam browser-nya, Internet Explorer. Peramban default untuk sistem operasi Windows ini juga menyasar pengguna Windows XP yang tak lagi mendapatkan update.

Versi Internet Explorer yang diumumkan Microsoft memiliki kelemahan tersebut adalah IE versi 6 hingga 11. Menurut mereka, jika kode celah keamanan tersebut berhasil ditemukan peretas, mereka bisa mengakses jaringan komputer layaknya pengguna yang resmi.

FireEye, perusahaan keamanan komputer yang mengklaim menemukan lubang keamanan tersebut mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa walau bug tersebut berefek pada beragam sistem operasi Microsoft, namun kekhawatiran utama terletak pada pengguna Windows XP yang tak lagi didukung Microsoft.

Bug tersebut utamanya banyak terjadi di versi Internet Explorer 9 hingga 11. Sementara Windows XP sendiri mendukung IE hingga versi 8.  "Pengguna XP kini tidak aman lagi, dan ini menjadi lubang keamanan pertama yang tidak mendapatkan perbaikan resmi dari Microsoft," ujar peneliti Symantec, Christian Tripputi dalam blognya.

Microsoft sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait bug baru ini yang berimbas ke pengguna XP. "Kami sedang melakukan investigasi, Microsoft akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi konsumennya," ujar Microsoft dalam buletin keamanannya.

Internet Explorer masih menjadi satu dari browser favorit yang digunakan di seluruh dunia, bersamaan dengan Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Menurut Situs W3Counter, pengguna browser besutan Microsoft ini hingga Maret 2014 lalu mencapai 18,3 persen dari berbagai versi, dengan IE 11 menjadi versi yang paling banyak digunakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.