LG dan Lenovo Kuntit Dua Raja Ponsel Dunia

Kompas.com - 02/05/2014, 13:25 WIB
Model memeragakan Lenovo Vibe X, di Jakarta, Selasa (25/3/2014). Oik Yusuf/KompasTeknoModel memeragakan Lenovo Vibe X, di Jakarta, Selasa (25/3/2014).
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com -- Walau pasar smartphone global masih didominasi oleh produk-produk Apple dan Samsung, tetapi tahun ini pabrikan LG dan Lenovo diprediksi bisa menjadi "kuda hitam". Kedua vendor dari Korea dan Tiongkok itu disebut bakal memiliki perkembangan yang pesat tahun ini.

LG telah merilis data pengiriman perangkat smartphone-nya, data tersebut menunjukkan bahwa hingga kuartal 1-2014, LG telah berhasil menjual 12,3 juta perangkat. Angka tersebut naik 19 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara Lenovo, penjualan perangkatnya juga naik dari 8,4 juta pada kuartal pertama tahun 2013 menjadi 13,3 juta perangkat pada periode yang sama tahun ini. Bahkan, pangsa pasar Lenovo sudah menempel Huawei.

Dua vendor tersebut kini sama-sama berada di posisi ketiga, di belakang Apple dan Samsung dalam peta global.

Pada tahun 2014 ini, LG dan Lenovo telah menyiapkan perangkat smartphone Android masing-masing yang diprediksi akan sukses di pasaran. LG memiliki G3 yang dari segi spesifikasi digadang-gadang sebagai pembunuh Galaxy S5. G3 juga akan bersaing dengan Xperia Z2 dan HTC One M8.

Neil Mawston, analis dari Strategy Analytic, mengatakan kepada Digital Trends, "Agar sukses, vendor membutuhkan model smartphone global killer yang memiliki kesuksesan yang sama dengan iPhone atau lini Galaxy Samsung." Harapan LG saat ini berada pada G3.

Selain itu, Mawston juga memprediksi, setidaknya pada tahun 2014 ini ada sekitar enam vendor yang berpeluang menjadi pemain besar, termasuk Sony dan vendor Tiongkok, Xiaomi.

Adapun Apple dan Samsung dilaporkan oleh lembaga riset Strategy Analytic mengalami penurunan dalam hal pangsa pasar. Samsung untuk kali pertama semenjak 2009 pangsa pasarnya turun, dari 32,4 persen tahun lalu menjadi 31,2 persen tahun ini.

Pangsa pasar Apple turun dari 17,5 persen tahun lalu menjadi 15,3 persen pada awal tahun ini. Meski demikian, jumlah perangkat yang dikapalkan kedua perusahaan tersebut mengalami peningkatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X