iOS 8 Tak Akan Sambangi iPhone 4

Kompas.com - 03/06/2014, 17:18 WIB
iPhone 4 AppleiPhone 4
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Peluncuran sistem operasi mobile iOS 8 oleh Apple membawa kabar buruk untuk pengguna ponsel pintar iPhone 4 dan tablet iPad 1. Kedua perangkat itu tidak dapat dipasangi iOS 8.

Karena keterbatasan spesifikasi teknis, kedua perangkat itu tidak dapat menjalankan iOS yang berarti membuat pengguna harus puas memakai iOS versi 7.

Dalam acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2014, Senin (2/6/2014), Apple menjelaskan bahwa iOS dapat dipasang pada perangkat iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, lalu iPod Touch generasi 5, iPad 2, iPad 3, iPad 4 (with Retina Display), iPad Air, iPad Mini, iPad Mini with Retina Display.

Jika iOS 7 membawa perubahan besar dari sisi desain, maka di iOS 8 ini Apple membawa sejumlah fitur baru yang berguna untuk pengguna iPhone dan iPad.

Pengguna kini bisa melakukan interaksi pada notifikasi pesan yang muncul, tanpa perlu membuka aplikasi yang bersangkutan. Pesan teks masuk akan muncul di atas layar dan bisa langsung dibalas dengan menarik notifikasi itu ke bawah.

Apple juga memperbarui keyboard di iOS 8 dengan fitur bernama Quicktype. Fitur ini sedikit banyak mirip dengan aplikasi keyboard Swiftkey yang cukup populer di platform lain.

Hal lain yang menarik, pencarian berbasis teks lewat Spotlight di iOS 8 akan menampilkan hal-hal terkait, mulai dari halaman web, saran aplikasi yang belum dimiliki pengguna, artikel di Wikipedia dan lainnya.

Aplikasi iMessage untuk iOS 8 pun diperbarui oleh Apple agar memiliki fitur yang biasanya hanya dimiliki aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Salah satunya adalah Group Messaging yang kini bisa diberi judul layaknya grup di WhatsApp.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X