Android Nokia XL Turun Harga - Kompas.com

Android Nokia XL Turun Harga

Kompas.com - 10/06/2014, 12:08 WIB
Aditya Panji/KompasTekno
Nokia XL
SURABAYA, KOMPAS.com - Ponsel Android Nokia XL dengan ukuran layar 5 inci resmi dipasarkan di Indonesia mulai 13 Juni 2014. Ponsel ini mulanya dijual seharga Rp 2,2 juta, namun akhirnya harga jual itu diturunkan menjadi Rp 1.999.000.

Nampaknya, Microsoft selaku pemilik merek dagang Nokia, mengambil keputusan itu agar Nokia XL bisa lebih bersaing dengan ponsel pintar di kelasnya, termasuk Motorola Moto G dan BlackBerry Z3.

Di Indonesia, Nokia XL hadir dengan beragam pilihan warna panel belakang, yaitu oranye, hijau, kuning, cyan, hitam, dan putih.

Nokia XL dibekali RAM 768 MB, layar seluas 5 inci, dan kapasitas baterai 2.000mAh. Spesifikasi komponen itu lebih besar dibandingkan Nokia X yang hanya dibekali RAM 512 MB, layar 4 inci, dan baterai 1.500mAh.

Sektor kamera Nokia XL juga lebih unggul karena kamera utama 5 megapixel dilengkapi dengan lampu kilat LED dan kamera depan 2 megapixel, sementara Nokia X tidak memiliki lampu kilat LED dan kamera depan.

Selebihnya, antara Nokia X dan Nokia XL punya spesifikasi yang sama. Dapur pacu ponsel itu ditopang oleh prosesor Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play jenis dual-core Cortex-A5 1 GHz, mendukung kartu SIM ganda (GSM dan GSM), serta memanfaatkan basis sistem operasi Android 4.1.2 (Jelly Bean) yang telah dimodifikasi oleh Nokia. Sistem operasi itu disebut Nokia X Platform Software.

Dalam mengembangkan Android, Nokia hanya memanfaatkan lisensi Android Open Source Project (AOSP) dari Google yang bisa digunakan siapa saja secara gratis karena sistem operasi ini bersifat terbuka (open source). Dengan ini, perusahaan bisa mengubah tampilan antarmuka Android di Nokia XL sehingga terlihat seperti tampilan Windows Phone, yang kental dengan nuansa kotak-kotak.

Sementara itu, Nokia tidak membeli lisensi layanan mobile Google yang disebut Google Mobile Service (GMS). Oleh karenanya, ponsel seri Nokia X tidak menyediakan aplikasi dan layanan Google secara default, yakni Gmail, Youtube, Google Maps, Hangouts, Play Store, hingga jejaring sosial Google+.

Semua itu diganti dengan layanan atau aplikasi milik Microsoft dan Nokia. Sebagai nilai tambah, ponsel keluarga Nokia X dibekali dengan aplikasi peta digital Nokia Here, layanan musik MixRadio, hingga penyimpanan data online OneDrive sebesar 10GB.


EditorWicak Hidayat

Close Ads X