Kompas.com - 25/06/2014, 10:07 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Nokia X2 hadir dengan versi terbaru dari Nokia X Platform, namun Nokia X versi asli tak akan bisa menjalankan sistem baru tersebut. Hal ini berlaku juga untuk semua anggota keluarga awal Nokia X, yaitu Nokia XL dan Nokia X+.

"Karena adanya upgrade hardware yang dipersyaratkan (oleh OS versi baru), maka Nokia X Platform 2.0 tak akan tersedia untuk Nokia X, Nokia X+ dan Nokia XL," tutur Yannis Paniaras, Kepala Mobile Phones UX Design Studio di Microsoft, Beijing, di blog resmi Nokia.

Namun, Yannis menjanjikan akan adanya update untuk sistem versi lawas itu dalam beberapa bulan ke depan.

Apa yang membuat perangkat lawas tak bisa mendapatkan sistem operasi terbaru?

Menurut DailyTech, secara teoritis sebenarnya jeroan Nokia X dkk bisa menjalankan Platform 2.0 tersebut. Namun masalah sesungguhnya, ada pada ketersediaan tombol.

Microsoft/Nokia.com
Ada dua tombol, Back dan Home, pada Nokia X2.
Nokia X, X+ dan XL hanya memiliki satu tombol. Tombol itu adalah Back. Berbeda dengan Android yang memiliki setidaknya dua tombol (Home dan Back), seperti Nokia X2.

Bagi pengguna Nokia X, untuk lompat ke layar Home tak bisa sekali tekan namun dengan menekan Back berkali-kali hingga sampai ke Home. Atau, sebenarnya mereka bisa menekan (press and hold) tombol Back selama beberapa saat.

Nah, di Nokia X2, menekan tombol Back selama beberapa saat seperti itu akan memanggil fungsi Multitasking. Sedangkan akses ke Home dilakukan lewat tombol Home tersendiri.

Konflik tersebut diduga jadi salah satu yang membuat sulit penerapan Nokia X Software Platform 2.0 pada generasi "Normandy" (Nokia X, X+ dan XL).

Namun, seperti pada Windows Phone 7 saat ada Windows Phone 8, beberapa fungsi baru diyakini akan hadir lewat update. Sehingga, meski tak bisa upgrade ke OS baru, pengguna Nokia X lawas akan bisa menikmati fitur baru lewat update OS lawas mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.