Review: Xperia Z2, Kembaran Z1 yang Lebih Bertenaga

Kompas.com - 07/07/2014, 09:20 WIB
oik yusuf/ kompas.com

KOMPAS.com - Hanya berselang enam bulan setelah kemunculan Xperia Z1, Sony segera merilis handset flagship baru bernama Xperia Z2. Smartphone itu meneruskan tongkat estafet dari Xperia Z1 dan kini menjadi produk teratas di lini smartphone pembuatnya.

Layaknya anak kembar, kedua handset imemiliki bentuk yang bisa dibilang identik. Mereka tidak bisa dibedakan kalau hanya melihat sekilas.

Meski begitu terdapat sejumlah hal yang membedakan Xperia Z2 dari “saudaranya”, Xperia Z1. Sebagian besar menyangkut peningkatan spesifikasi jeroan, ada pula sedikit perubahan tampilan.

Nah, apa saja yang ditawarkan oleh Xperia Z2? Simak ulasan Kompas Tekno berikut ini.

Lapis kaca

Xperia Z2 memiliki desain yang menarik mata. Ponsel berbentuk kotak dengan sudut-sudut membulat ini berwarna hitam mengkilap karena dua sisi depan belakangnya dilapis kaca.

Konsep minimalis tetap dipertahankan Sony di produk ini. Bagian depan Xperia Z2 tampak bersih dari tombol navigasi yang semuanya dijadikan icon pada tampilan antarmuka sistem operasi sehingga menghemat tempat pada bodi ponsel.

Namun, bingkai (bezel) di sisi atas dan bawah layar tetap terlihat tebal sehingga bagian display Xperia Z2 tampak tak terlalu memenuhi muka perangkat ini.

oik yusuf/ kompas.com Tampak depan Sony Xperia Z2
oik yusuf/ kompas.com Tampak belakang Sony Xperia Z2

Sisi depan dan belakang Xperia Z2 berbentuk rata sehingga terasa agak aneh ketika digenggam di tangan. Kesannya kurang ergonomis, tak seperti, katakanlah, Galaxy S5 dari Samsung atau HTC One M8 dengan sisi belakang yang lebih mantap di tangan.

Lapisan kaca pada Xperia Z2 memberikan kesan elegan, tapi tubuh ponsel jadi agak licin dan canggung dalam genggaman, terutama ketika dalam kondisi basah. Pengguna harus hati-hati memegang ponsel ini agar tak jatuh ke lantai.

Tubuh Xperia Z2 sendiri terasa sangat solid, menandakan kualitas konstruksi yang prima.

oik yusuf/ kompas.com Perbandingan Xperia Z2 (kiri) dengan Xperia Z1

Ketika dibandingkan dengan sang “adik”, Xperia Z2 tampak identik. Hanya saja, ukuran layarnya lebih lebar (5,2 inci berbanding 5 inci  pada Xperia Z1) sehingga perangkat ini sedikit lebih “tinggi”.

Halaman:


PenulisOik Yusuf
EditorWicak Hidayat

Close Ads X