Kompas.com - 08/07/2014, 09:05 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono abror/presidenri.go.idPresiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Jejaring sosial Twitter juga digunakan oleh kalangan politisi. Di Indonesia, Twitter Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (@SBYudhoyono) menjadi akun Twitter nomer tiga paling banyak pengikutnya. Namun prestasi Presiden SBY tersebut kini telah tersingkir.

Siapa yang berhasil mengalahkan jumlah follower Presiden SBY? Ialah Narendra Modi yang juga seorang negarawan. Narendra saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri India dan telah memiliki jumlah pengikut (follower) mencapai 5,15 juta (5.147.046 follower).

Akun Twitter Narendra (@narendramodi) sendiri dibuat pada Januari 2009, lebih lama dari Presiden SBY.

Sementara Presiden SBY yang baru membuat akun Twitter resminya pada April 2013, di penghujung masa jabatannya berhasil mendapatkan pengikut sejumlah 5,1 juta, atau lebih tepatnya 5.100.850.

Dikutip dari The Indian Express (3/7/2014), akun Twitter Narendra mendapat peningkatan jumlah follower yang signifikan setelah dirinya memenangi pemilihan umum, 16 Mei 2014. Bahkan, akun resmi kantor Perdana Menteri India (@PMOIndia) juga ikut terdongkrak popularitasnya dengan penambahan follower hingga 40 persen.

Kicauan Narendra yang paling banyak di Retweet adalah tentang kemenangannya saat Pemilu. Tweet tersebut mendapatkan 70,5 ribu lebih jumlah retweet dan menjadi rekor tertinggi di India hingga kini.

Walau demikian, kepopuleran Narendra di Twitter belum bisa mengalahkan kepopuleran Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama dengan pengikut hampir mencapai 44 juta.

Selain populer di Twitter, Narendra ternyata juga menjadi tokoh populer di jejaring sosial Facebook. Akun Facebook resminya saat ini memiliki pengikut 8 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.