Kompas.com - 16/07/2014, 09:44 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Microsoft Dua produk laptop Windows murah yang disiapkan sebagai penantang Chromebook

KOMPAS.com - Berapa harga laptop Windows termurah yang bisa dibeli saat ini? Dalam waktu dekat, peminat cukup merogoh kocek sebesar 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 juta untuk membawa pulang sebuah laptop, lengkap dengan sistem operasi Windows.

Harga itulah yang dipatok HP untuk produk laptop terbarunya, "Stream", yang diumumkan oleh COO HP Kevin Turner pada konferensi partner Microsoft di Washington D.C., AS, 14 Juli kemarin, menurut laporan dari The Verge.

HP tidak mengungkap komponen hardware seperti apa yang ditanamkan pada laptop tersebut, namun, disebutkan bahwa Stream rencananya bakal dirilis pada musim liburan menjelang akhir tahun ini.

Di samping itu, pabrikan laptop rekanan Microsoft lainnya, Acer dan Toshiba, turut memperkenalkan model laptop murah masing-masing.

Acer datang dengan Aspire ES1 yang memiliki prosesor Intel Celeron 2,16 GHz, RAM 4 GB, harddisk 500 GB, dan layar 15,6 inci. Sementara unit dari Toshiba mengandalkan bentuk yang kecil dengan layar 11,6 inci, SSD 32GB, dan berat yang hanya 1 Kg.

Kedua laptop dari Acer dan Toshiba tersebut dibanderol dengan harga relatif terjangkau, yaitu 249 dollar AS atau sekitar Rp 3 juta.

Harga laptop Windows baru yang terhitung "murah" ini antara lain ditujukan untuk menghadapi serbuan laptop murah dari Google.

"Kami memiliki nilai lebih dibanding Chromebook, kami tak akan mengorbankan pasar ini untuk pemain lain," kata Turner.

Microsoft sendiri memang diketahui memangkas harga lisensi OS Windows demi menekan harga laptop Windows.

Dalam promosinya, raksasa software itu menekankan kelebihan-kelebihan laptop Windows dibandingkan Chromebook, seperti kemampuan menjalankan aplikasi desktop dan bekerja baik secara online maupun offline.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.