Kompas.com - 16/07/2014, 11:44 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Salah satu pengumuman yang dibuat Google di ajang konferensi Google I/O bulan lalu adalah proyek smartphone murah, Android One. Kini, Google bersiap meluncurkan smartphone murah pertamanya itu bulan depan di pasar India.

Android One yang akan meluncur di India pada Oktober mendatang menjadi langkah pertama Google dalam menggaet lima miliar pengguna smartphone baru di seluruh dunia.

Dilansir Android Authority, Selasa(15/7/2014), smartphone Andorid One pertama Google tersebut besar kemungkinannya adalah produksi Micromax. Dengan banderol harga hanya 100 dollar AS (Rp 1,1 juta), Google yakin smartphone-nya itu akan laku di pasar negara berkembang.

Untuk mempopulerkan Android One di India, Google tak ragu-ragu untuk menanamkan investasinya. Tak kurang dari dana 16,7 juta dollar AS digelontorkan Google untuk kampanye pemasaran Android One di India.

Proyek Android One sebenarnya mirip dengan proyek Nexus, hanya saja proyek ini ditujukan untuk segmen menengah ke bawah.

Google mengontrol apa saja spesifikasi dan fitur yang boleh dipasang dalam smartphone low end-nya itu. Di sisi produsen, mereka masih bisa menambahkan aplikasi buatan mereka sendiri.

Aplikasi utama yang penting masih dipertahankan Google agar ke depannya smartphone tersebut juga bisa mendapatkan update langsung dari Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.