Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2014, 13:15 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sistem operasi Android yang dikembangkan Google memperkuat dominasinya dalam pasar global platform ponsel pintar, jauh mengalahkan para pesaingnya seperti Apple iOS, Microsoft Windows Phone, dan BlackBerry.
 
Menurut laporan lembaga riset pasar Strategy Analytics, pengiriman perangkat ponsel pintar pada kuartal kedua 2014 mencapai 295,2 juta unit.
 
Dari jumlah tersebut, pengiriman ponsel berbasis Android berjumlah 249,6 juta unit atau menguasai 84,6 persen pasar ponsel pintar global.

Menurut Strategy Analytics, pada kuartal kedua 2014 Android merupakan satu-satunya platform yang mengalami pertumbuhan dibandingkan kuartal yang sama tahun 2013 dari pangsa pasar 80,2 persen.

Posisi kedua ditempati oleh Apple yang mengirimkan 35,2 juta unit iPhone berbasis iOS. Ini berarti, Apple menguasai 11,9 persen pasar ponsel pintar atau turun dari 13,4 persen pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.
 
Microsoft Windows Phone dan BlackBerry berada di posisi ketiga dan empat, di mana masing-masing mengirimkan 8 juta unit dan 1,9 juta unit ponsel pintar.
 
Dibandingkan periode yang sama tahun 2013, pangsa pasar Windows Phone kuartal ini turun dari 3,8 persen menjadi 2,7 persen, begitu juga dengan BlackBerry yang menyusut dari 2,4 persen menjadi 0,6 persen.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.