5 Aplikasi Pemutar Musik di Android

Kompas.com - 14/08/2014, 15:44 WIB
Boneka Maskot Android (http://pixabay.com/p-199225/) Andrekheren via PixabayBoneka Maskot Android (http://pixabay.com/p-199225/)
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com -  Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Musik bisa menjadikan hidup lebih berwarna, menjadi pendorong semangat, atau membangkitkan kenangan tertentu. Kini musik bisa dinikmati kapan saja dimana saja.

Pemutar musik portabel sudah ada sejak lama, mulai dari bentuknya yang besar seperti Sony Walkman hingga yang kecil seperti iPod Nano. Satu lagi perangkat pemutar musik yang sering kita pakai, yaitu smartphone.

Smartphone Android memiliki pemutar musik bawaan yaitu GooglePlay Music yang bisa digunakan pengguna Android 4.1 Jellybean ke atas. Namun, fungsi tersebut bagi sebagian pengguna Android masih kurang andal atau lengkap.

Beberapa vendor smartphone memang memberikan "suntikan" kepada Google Play Music, namun hanya mengubah tampilannya saja, bukan fungsinya.

Lalu bagaimana jika pengguna menginginkan fungsi lebih? Di sinilah letak keunggulan Android dengan beragam aplikasi yang dimilikinya. Berikut beberapa aplikasi pemutar musik dan pengatur musik di Android yang layak untuk dicoba.

1. Google Play Music

Google Play Music menjadi aplikasi pemutar musik default dalam Android 4.1 Jellybean ke atas. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari pemutar musik Android bawaan sebelumnya.

Google Play Music mempunyai kemampuan menyortir musik berdasar artis, judul lagu, album, atau membuat playlist. Terdapat pilihan setting equalizer dalam Google Play Music.

Aplikasi ini juga mendukung pemutaran file musik dari cloud, sehingga pengguna bisa mengunggah musik ke music library mereka dalam layanan cloud Google, dan bisa diputar kapan saja dimana saja.

2. MixZing Music Player

MixZing Music Player memiliki banyak fitur namun mudah digunakan. Baru-baru ini aplikasi tersebut juga mendapatkan update yang menjadikannya sebagai aplikasi pemutar musik yang ideal, jika tidak ada iklan yang mengganggu.

Aplikasi bisa menampilkan musik berdasar lagu, artis, album, dan genre musik. Saat melihat daftar musik berdasar genre, pengguna juga bisa memiliki pilihan untuk melihat judul album, lagu, atau nama artis.

Playlist management yang dimiliki juga tergolong pintar, terdapat auto-playlist dan recently added untuk mempermudah membuat playlist.

Terdapat juga file browser yang terintegrasi untuk mempermudah mencari media. Pengguna bisa langsung mengatur lagu yang sedang diputar sebagai ringtone. S

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X