Spesifikasi Nyaris Sama, Pilih Galaxy Note 4 atau Note Edge?

Kompas.com - 05/09/2014, 03:07 WIB
Tampilan depan Samsung Galaxy Note 4 (kiri) dan Galaxy Note Edge. KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHOTampilan depan Samsung Galaxy Note 4 (kiri) dan Galaxy Note Edge.
EditorLaksono Hari Wiwoho


BERLIN, KOMPAS.com - Secara bersamaan, Samsung memperkenalkan dua line-up terbaru Galaxy Note, yakni Note 4 dan Note Edge. Keduanya memiliki spesifikasi yang hampir sama (baca: Ini Spesifikasi Lengkap Note 4 dan Note Edge).

Selain pada prosesornya, perbedaan paling mencolok antara kedua phablet ini terletak pada bentuknya. Jika Note 4 dirancang dengan bentuk menyerupai pendahulunya, Note Edge didesain dengan bentuk unik. Salah satu sisi Edge dibuat melengkung (curved) untuk menampilkan panel sidebar. Panel ini memiliki layar beresolusi 160 pixel yang berfungsi menampilkan notifikasi, tools aplikasi, maupun shortcut. Bagian tersebut dapat dilihat dari atas (depan) atau samping. Note 4 tidak memiliki panel seperti ini.

Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, membenarkan bahwa tidak ada perbedaan yang sangat kentara pada spesifikasi kedua produk tersebut selain disebut di atas.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Bagian melengkung pada tepi Samsung Galaxy Note Edge berfungsi menampilkan notifikasi pesan atau tombol-tombol khusus pada aplikasi.


Pendapat serupa juga disampaikan oleh Dale Ahn, Manager Product Strategy Team Mobile Communication Samsung Electronics. Saat ia mempresentasikan kemampuan kedua phablet tersebut, nyata benar bahwa panel sidebar pada Note Edge-lah yang membuat pengguna merasakan hal berbeda saat bekerja dengan smartphone. Secara jujur Dale Ahn mengatakan bahwa fungsi Note Edge memang lebih menarik. "Ini akan memberikan pengalaman baru bagi pengguna, terutama bagi pengguna yang aktif," katanya di Berlin, Kamis (4/9/2014) waktu setempat.

Itu juga dirasakan oleh desainer dan pegiat budaya Wethandrie Ramadhan, yang sudah merasakan pengalaman menggunakan Note seri pertama dan kini Note 3, pendahulu Note 4. Melihat desain memesona yang ditampilkan oleh Note Edge, terlebih fungsinya, ia pun tertarik beralih pada peranti unik tersebut. "Jujur saja, desainnya keren (dibanding Note 4)," kata Iwet, sapaannya.

Pujian atas desain unik Note Edge juga dilontarkan oleh Dilla Amran dari OMG Ceative Consultant Jakarta. Menurut dia, panel sidebar Note Edge memberikan nilai lebih pada peranti tersebut. Dalam kondisi tertentu, kata dia, sidebar pada Note Edge memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam mengorganisasi aktivitas.

"Mungkin buat orang yang lebih fashionable, Note Edge ini cocok banget. Tetapi aku lebih memilih yang fungsional aja, aku lebih pilih Note 4," kata wanita yang sudah kepincut dengan seri Note berkat kemampuan S Pen.

Jika sudah demikian, maka pilihan akhir tentu tergantung pada selera dan kebutuhan pengguna. Samsung Indonesia akan menyediakan kedua produk ini secara bertahap mulai Oktober, dimulai dari Note 4. Sayangnya, belum ada harga resmi untuk dua phablet ini. Hanya Note 4 yang dipastikan akan dijual dengan harga di bawah Rp 10 juta. Untuk Note Edge? Tunggu saja nanti.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X