Kompas.com - 10/10/2014, 14:48 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — Insiden palu yang "hilang" saat sidang perdana DPR RI 2014-2019 beberapa waktu lalu ramai dibicarakan pengguna media sosial di Indonesia.

Adalah pimpinan sementara sidang paripurna DPR RI, Popong Otje Djunjunan, atau akrab dipanggil Ceu Popong, yang jadi "bintang" dalam insiden lucu tersebut.

Politisi Partai Golkar berusia 76 tahun ini terlihat sibuk mencari-cari palu sidang yang digunakan untuk mengesahkan keputusan sidang saat rapat pemilihan pimpinan DPR, Kamis (2/10/2014).

Kini, potongan video celotehan Ceu Popong yang kental dengan logat Sunda tersebut dijadikan satu dan dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi parodi yang menarik dengan nuansa Sunda. Yang pertama mengunggah klip video tersebut di situs YouTube adalah Eka Gustiwana.

Eka merupakan "artis" speech composing, teknik yang digunakan untuk mengubah dialog dalam potongan klip video untuk kemudian disusun berdasarkan iringan lagu yang dibuat.

Keahlian ini memang dimiliki Eka yang hobi mengaransemen lagu secara digital.

Sebelumnya, karya Eka yang bisa dinikmati di akun YouTube-nya adalah parodi video Arya Wiguna yang mengungkapkan kekesalannya dengan berapi-api terhadap Eyang Subur, awal 2013 lalu.

Video Arya Wiguna dengan cepat disusul speech composing pembawa berita Jeremy Teti, yang juga gubahan dari Eka. Dia lalu kembali menelurkan sejumlah video speech composing lain dengan melibatkan berbagai tokoh, mulai dari komedian Dodit Mulyanto, penyanyi Syahrini, hingga calon presiden Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

Video speech composing Ceu Popong hasil karya Eka Gustiwana bisa dilihat dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.