Apa Alasan Jokowi Ajak Zuckerberg Blusukan?

Kompas.com - 13/10/2014, 12:43 WIB
Masyarakat berkerumun saat Gubernur DKI Jakarta yang juga presiden terpilih Joko Widodo (dua kiri) bersama CEO Facebook Mark Zuckerberg (dua kanan) mengunjungi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (13/10/2014). KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESMasyarakat berkerumun saat Gubernur DKI Jakarta yang juga presiden terpilih Joko Widodo (dua kiri) bersama CEO Facebook Mark Zuckerberg (dua kanan) mengunjungi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (13/10/2014).
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum membuka workshop Internet.org, CEO Facebook Mark Zuckerberg sempat ikut Joko Widodo alias Jokowi berkunjung langsung ke Pasar Tanah Abang. Apa alasan di balik kegiatan yang populer dengan istilah blusukan itu?

Blusukan presiden terpilih Joko Widodo dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg ke Blok A, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Senin (13/10/2014), rupanya dilakukan hanya untuk menjawab rasa penasaran Mark.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Hubungan Luar Negeri Heru Budi Hartono mengatakan, blusukan tersebut dilakukan mendadak, yakni usai Jokowi dan Mark bertemu di Balaikota. Mark penasaran bagaimana Jokowi setiap hari blusukan di sela-sela kesibukannya bekerja sebagai gubernur.

"Di dalam (Balaikota), Mark nanya, blusukan itu kayak apa. Lalu Pak Jokowi menjawab, ya langsung ke pasar, ke kampung, bertemu masyarakat. Mark bertanya lagi, apa rasanya? Pak Jokowi bilang, kalau mau ayo sekarang saja kita blusukan," cerita Heru usai blusukan.

Alhasil, setelah berbincang sekitar 30 menit di ruang tamu Balaikota kemudian konferensi pers, Jokowi dan Mark bertolak ke pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara itu. Blok A dijadikan tempat blusukan lantaran paling dekat dan mudah ditempuh.

"Tadi di sela-sela blusukan, Pak Jokowi bilang ke Mark, beginilah blusukan, Mark. Dia hanya mengangguk-angguk kepala saja," ujar Heru.

Blusukan keduanya hanya dilaksanakan sekitar 30 menit saja. Keduanya berkeliling ke lorong-lorong kios yang ada di sana. Jokowi atau Mark tidak membeli barang yang dijaja di sana. Ratusan warga mengiringi langkah mereka berjalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X