Luncurkan MSight, Telkomsel Jamin Data Pelanggan

Kompas.com - 08/11/2014, 16:50 WIB
Layanan Big Data Telkomsel, MSight Dok. TelkomselLayanan Big Data Telkomsel, MSight
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel pada Kamis (6/11/2014) resmi menggelar layanan Big Data. Langkah Telkomsel menggelar layanan tersebut menjadi bagian upaya untuk menuju perusahaan digital. Layanan Big Data Telkomsel diberi nama MSight.

Namun, walau dalam memberikan layanan Big Data tadi Telkomsel memanfaatkan data dari penggunanya, operator yang khas dengan warna merah itu menjamin detil dari data penggunanya tetap aman.

"Yang kami sajikan adalah insight-nya, jadi bukan data orang per orang, lokasinya di mana, pakai internet untuk mengakses apa, bukan data seperti itu," demikian terang Vice President Digital Advertising Telkomsel, Haryati Lawidjaja saat dijumpai KompasTekno di kantor pusat Telkomsel, Jumat (7/11/2014).

Wanita yang akrab dipanggil Fey ini menambahkan, Telkomsel memiliki komitmen yang tinggi dalam menjaga data setiap pelanggannya. Karena itu, Fey mengatakan bahwa pelanggan tidak perlu khawatir atau takut perilaku mereka dalam menggunakan gadget diawasi.

Layanan Big Data adalah olahan informasi dan analisis data yang ditargetkan bagi konsumen kelas perusahaan. Mereka bisa memanfaatkan data tersebut untuk merancang strategi pemasaran yang tepat.

Big data Telkomsel menggabungkan data secara agregat terhadap seluruh pelanggannya. Agregat diolah menjadi data insight yang kemudian dipaparkan kepada klien. Dalam proses tersebut, Telkomsel menjamin privasi pelanggan dengan tidak membagi data pelanggan ke pihak lain.

Telkomsel mengklaim bahwa dengan memiliki jumlah pelanggan paling banyak, mencapai 139 juta dengan pangsa pasar 51 persen, maka jumlah tersebut dianggap bisa mewakili perilaku konsumen mobile pada umumnya di Indonesia.

"Perusahaan digital sudah seharusnya lebih memanfaatkan layanan data untuk mendukung pengembangan bisnis. Nantinya, perkembangan bisnis diharapkan mampu mendorong perekonomian nasional," demikian ujar Fey.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X