Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua "Tweet" sejak Tahun 2006 Bisa Diintip

Kompas.com - 20/11/2014, 11:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Twitter memperkenalkan fitur pencarian baru dalam jejaring sosialnya. Kini, pengguna bisa mencari semua kicauan yang dipublikasikan sejak Twitter kali pertama diluncurkan pada 2006.

Dikutip KompasTekno dari blog resmi Twitter, Rabu (18/11/2014), Twitter akan menampilkan indeks semua tweet publik semenjak 2006, dan mengatakan bahwa layanan tersebut telah dikembangkan semenjak beberapa tahun belakangan.

Sebelumnya, pengguna Twitter hanya bisa mendapatkan hasil pencarian yang terbatas, dengan fokus pada Recent History dan munculnya hashtag yang digunakan.

Namun kini, dengan fitur pencarian tingkat lanjut, pengguna bisa mencari kicauan sebuah akun pada periode waktu, kata, dan pengguna yang lebih spesifik. Beberapa kata dan kalimat yang pernah di-posting di Twitter juga bisa dicari semenjak Twitter diluncurkan.

Menurut BBC, Rabu, dari sudut pandang positif, fitur baru Twitter tersebut bisa mempermudah seseorang dalam mencari sebuah kicauan dengan lebih mudah.

Namun, di sisi lain, hal tersebut juga bisa merugikan jika ternyata ada posting-an di Twitter pada masa lalu yang ternyata berpotensi mempermalukan pengguna.

Namun, Twitter disebut akan menyediakan tools untuk menghapus kicauan yang tidak diinginkan, baik melalui Twitter sendiri maupun melalui aplikasi dari pihak ketiga. Fitur Search dan Tools baru tersebut akan diluncurkan Twitter dalam waktu dekat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com