Kompas.com - 20/11/2014, 11:29 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Twitter memperkenalkan fitur pencarian baru dalam jejaring sosialnya. Kini, pengguna bisa mencari semua kicauan yang dipublikasikan sejak Twitter kali pertama diluncurkan pada 2006.

Dikutip KompasTekno dari blog resmi Twitter, Rabu (18/11/2014), Twitter akan menampilkan indeks semua tweet publik semenjak 2006, dan mengatakan bahwa layanan tersebut telah dikembangkan semenjak beberapa tahun belakangan.

Sebelumnya, pengguna Twitter hanya bisa mendapatkan hasil pencarian yang terbatas, dengan fokus pada Recent History dan munculnya hashtag yang digunakan.

Namun kini, dengan fitur pencarian tingkat lanjut, pengguna bisa mencari kicauan sebuah akun pada periode waktu, kata, dan pengguna yang lebih spesifik. Beberapa kata dan kalimat yang pernah di-posting di Twitter juga bisa dicari semenjak Twitter diluncurkan.

Menurut BBC, Rabu, dari sudut pandang positif, fitur baru Twitter tersebut bisa mempermudah seseorang dalam mencari sebuah kicauan dengan lebih mudah.

Namun, di sisi lain, hal tersebut juga bisa merugikan jika ternyata ada posting-an di Twitter pada masa lalu yang ternyata berpotensi mempermalukan pengguna.

Namun, Twitter disebut akan menyediakan tools untuk menghapus kicauan yang tidak diinginkan, baik melalui Twitter sendiri maupun melalui aplikasi dari pihak ketiga. Fitur Search dan Tools baru tersebut akan diluncurkan Twitter dalam waktu dekat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.