ADS

Begini Cara Kerja Charge Cepat ala Oppo

Kompas.com - 02/12/2014, 13:02 WIB
Perbedaan adapter antara VOOC Rapid Charge dan VOOC Mini OppoPerbedaan adapter antara VOOC Rapid Charge dan VOOC Mini
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Oppo R5 dilengkapi sebuah solusi pengisian daya cepat yang dinamakan VOOC Rapid Charge. Dengan menggunakan teknologi tersebut, Oppo mengklaim para pengguna perangkat ini dapat mengisi 75 persen kapasitas baterai hanya dalam waktu 30 menit.

Pertanyaannya, bagaimanakah sebenarnya cara kerja dari teknologi VOOC Rapid Charge ini? Menurut Oppo, VOOC Rapid Charge dikendalikan oleh sebuah chip MCU. Chip tersebut dibenamkan di sebuah adapter.

MCU ini ditugaskan untuk mengontrol konversi dan tegangan arus listrik yang masuk. Nantinya, jika sesuai dengan syarat pengisian cepat, VOOC Rapid Charge dapat diaktifkan. Selain di adapter, MCU juga menjalankan pengendalian yang sama pada output tegangan arus listrik ke kabel data, port USB pada perangkat, dan sel baterai.

Untuk keamanannya sendiri, pada bagian perangkat juga ditanamkan sumbu proteksi. Apabila terjadi tegangan arus tidak normal, sumbu ini akan putus dan pengisian daya langsung berhenti secara fisik.

Teknologi VOOC Rapid Charge yang ada di Oppo R5 sendiri sebenarnya sudah masuk ke generasi kedua. Pada generasi yang lebih baru ini, Oppo berhasil membuat adapter yang lebih kecil, tetapi diklaim tetap dapat mengisi daya baterai secepat VOOC pertama. Teknologi teranyar, yang disebut VOOC mini, ini memiliki adapter yang lebih kecil, yaitu 32 mm berbanding 60 mm.

Oppo mengklaim membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk mengembangkan VOOC Rapid Charge baru ini. Waktu tersebut digunakan untuk merancang ulang komponen pengisian daya dari baterai, port USB, kabel data, adapter, dan sirkuit pengisian daya.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X