Samsung Mulai Produksi Chip iPhone 7

Kompas.com - 15/12/2014, 08:05 WIB
Ilustrasi chip A9 Pocket LintIlustrasi chip A9
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi chip A9

KOMPAS.com - Hanya dalam waktu beberapa bulan stelah duet iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diperkenalkan September lalu, muncul kabar bahwa prosesor Apple A9 yang akan digunakan di iPhone 7 telah mulai diproduksi oleh Samsung.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Pocket Lint, Senin(15/12/2014), chip untuk handset andalan berikutnya dari Apple itu dibuat di salah satu pabrik semikonduktor Samsung di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Sebelumnya, Apple diberitakan telah kembali ke “pelukan” Samsung yang dikontrak sebagai mitra pabrikan chip gadget perusahaan berlambang buah apel itu.

Tahun ini Apple sempat beralih ke pabrikan chip lain, yaitu Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Gara-gara pengalihan itu, Samsung hanya memproduksi sebagian kecil chip Apple sehingga mengalami penurunan profit sebesar 50 persen.

Tapi Apple agaknya merasa kurang puas dengan kinerja TSMC sehingga memutuskan untuk kembali mengontrak Samsung.

Samsung sendiri disebutkan memproduksi chip A9 dengan teknologi FinFET 14 nanometer sehingga prosesor itu nantinya mengkonsumsi daya 35 persen lebih rendah dibanding generasi sebelumnya, chip A8 yang diproduksi dengan teknik 20 nanometer.

Selain itu, teknologi manufaktur tersebut juga menjanjikan kinerja 20 persen lebih tinggi dan ukuran fisik lebih kecil sehingga cocok digunakan di perangkat smartphone dan tablet masa depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X